Foto Viral Jakarta Macet di Tengah Wabah Corona, Ini Faktanya

VIVA – Beredar foto di media sosial yang membandingkan kondisi jalan raya di Wuhan (China), Italia, Filipina, dan Indonesia. Salah satunya foto tersebut diunggah akun twitter @ustadtengkuzul.

Malaysia Detects Over 6000 Coronavirus Cases in a Week

Dalam cuitannya, ia menyebut Jakarta paling berbeda dibandingkan kota-kota di negara lain saat terjadi wabah Covid-19. 

Berikut cuitan @ustadtengkuzul:

Ditemukan di Sejumlah Negara, Seberapa Bahaya Varian Baru Virus Corona Pirola?

"Keadaan kota-kota di dunia saat Corona mendera datang. Jakarta paling beda...! Nekat, Tidak Mengerti, atau...?

Verifikasi Fakta

Gawat, Ratusan Kucing di Pulau Siprus Meninggal Akibat Coronavirus

Mengutip cekfakta.com, foto tersebut sudah diunggah ke internet sejak 2016. Salah satunya juga menjadi gambar thumbnail dari video yang diunggah akun youtube Guntur Wibowo pada 16 Maret 2016.

Akun tersebut mengunggah video berjudul "Traffic Slip and Slide, Kawasaki Ninja 250, Ninja 300 Guntur Wibowo". Pada kolom deskripsi Guntur juga menulis:

"Jakarta Rush Hour Traffic POV 2 - Kawasaki Ninja 250, Ninja 300 Motorcycle Ride by Guntur Wibowo

So, what is it like to be in a crazy Traffic ride in Jakarta Indonesia ? This is my daily route, I always ride around 17-18.00 pm in Jakarta, the traffic were so wild, just be carefull around those corners because everyone in a mood to go home, crazy cut slip and slide in front of you is a common view in here, relax and take it easy".

Lebih lanjut, foto ini juga pernah dimuat pada laman wowkeren.com pada 17 September 2016. Artikel pada laman tersebut berjudul "Lima Kota di Indonesia Masuk ke Daftar Terburuk untuk Pengemudi Versi Waze, Mana Saja?"

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya