Ragam Hoaks soal Corona: Ariel Noah, Setya Novanto, Kartu Sakti Jokowi

Narapidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto (kanan).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Adam Bariq

VIVA – Pandemi virus corona">corona covid-19 di dunia belum menunjukkan tanda-tanda mereda. Begitu pula di Indonesia.

Sudah lebih dari dua juta orang terinfeksi di seluruh dunia. Di Indonesia, jumlah kejangkitan telah melampaui 5.000 kasus pada Rabu pekan lalu, dan yang meninggal dunia melebihi 500 orang pada Jumat.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Pemerintah Indonesia membuat banyak kebijakan sebagai respons atas pandemi Covid-19 itu, di antaranya membebaskan puluhan ribu narapidana untuk mengurangi kelebihan kapasitas di lapas-lapas atau rutan-rutan. Juga meluncurkan program Kartu Pra Kerja untuk para korban PHK (pemutusan hubungan kerja).

Namun, kebijakan-kebijakan segera memicu kabar-kabar burung yang tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, seperti rumor tentang Setya Novanto yang ikut menikmati kebebasan dan isu bahwa Presiden Joko Widodo meluncurkan program Kartu Corona Indonesia Sehat dengan akronim Karcis.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Di luar itu, masih banyak juga beredar tentang rumor-rumor sarana penularan atau pencegahan virus corona. Juga mengenai selebriti Ariel, penyanyi grup band Noah, yang dikabarkan menjadi relawan tim medis penanganan Covid-19.

Berikut ini laporan selengkapnya yang telah dikumpulkan tim VIVA Fakta selama sepekan lalu:

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

1. Sarung tangan plastik atau lateks

Sarung tangan lateks menjadi salah satu bahan yang paling dicari selain masker dan hand sanitizer di tengah pandemi Covid-19. Sarung tangan dianggap dapat melindungi tangan saat memegang barang-barang yang diduga terpapar saat berada di ruang publik. Benarkah?

2. Penularan corona lewat makanan

Kebijakan bekerja dari rumah karena pandemi virus corona membuat sebagian masyarakat lebih waspada dan memilih masak di rumah. Sebab, ada juga kekhawatiran makanan tak higienis atau bahkan dapat terpapar virus Covid-19 bila memesan makanan yang dibeli dari luar rumah.

3. Heboh kabar Ariel jadi relawan

Beredar foto dan video vokalis grup musik Noah, Nazril Irham alias Ariel, yang diklaim menjadi relawan petugas medis di rumah sakit saat pandemi Covid-19. Informasi itu di antaranya muncul pada laman Komentar.id dengan judul "Perawat Pasien Corona Histeris Ariel Noah Jadi Relawan Tenaga Medis”. Benarkah?

4. Kartu sakti Jokowi untuk corona

Beredar unggahan akun Facebook bernama Shela mengenai foto Presiden Jokowi yang memegang selembar kartu. Dalam foto tersebut dituliskan "Karcis: Kartu Corona Indonesia Sehat". Benar atau hoaks?

5. Setya Novanto dikabarkan bebas

Akun Facebook bernama Komarudin Al Haz mengunggah foto dengan narasi mantan Ketua DPR Setya Novanto dipenjara pada 2018 dan dibebaskan pada 2020. Kabar itu bereda seiringr kebijakan pemerintah membebaskan puluhan ribu narapidana akibat wabah Covid-19. Benarkah?

6. Puncak pandemi corona di Italia

Beredar video dengan narasi bahwa pemerintah Italia mengaku gagal menangani virus corona atau Covid-19. Sebab, kematian setiap jam dan setiap hari makin banyak di sana. Video tersebut diunggah oleh akun Facebook bernama Elmoe Bedolo. Bagaimana kenyataannya?

7. Masjid di Amerika saat corona

Akun Facebook bernama Hafiz Okta Sanjaya mengunggah sebuah video yang memperlihatkan sebuah masjid di Amerika Serikat yang tumpah ruah dengan jemaah yang melaksanakan salat magrib. Disebutkan dalam video itu bahwa pemerintah Amerika membolehkan warga Muslim di sana untuk beribadah secara terbuka di masjid meski sedang darurat wabah Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya