Viral Video Hewan Mirip Kelelawar Renang, Cek Faktanya

Kampret sedang berhibernasi
Sumber :
  • www.kqed.org/Ann Froschauer/USFWS

VIVA – Viral foto dan video hewan yang mirip kelelawar berenang. Dalam narasinya, hewan tersebut ditemukan di Pekanbaru saat berenang di malam hari. Adapun fotonya tampak hewan tersebut berwarna merah muda dan berselaput.

Viral Anjing Laut Raksasa Berkeliaran Bikin Resah Warga

Berikut narasinya yang tersebar melalui whatsapp:

Beberapa hari ini di pekan baru muncul hewan berbentuk kelelawar tapi bisa berenang.

Geger Hiu Tampang Seram Teror Makhluk Lain

Verifikasi Fakta

VIVAnews coba menelusuri foto dan video tersebut melalui mesin pencari dengan memasukkan kata kelelawar berenang. Tapi, tak ditemukan foto maupun video serupa hewan tersebut.

8 Hewan Bisa Kenali Diri Sendiri saat Bercermin, Ada Khas Indonesia

Lalu, saat coba mencari tahu di youtube, muncul gambar hewan serupa. Di antaranya akun youtube Azrin Deraman. Dalam unggahan, ia mengunggah foto dan gambar serupa soal hewan menyerupai kelelawar yang berenang dan berwarna merah muda. 

Ia mengklaim keduanya merupakan dua hewan yang berbeda. Hewan berwarna merah muda merupakan kubung atau tupai di Asia Tenggara. Nama ilmiah hewan tersebut cynochephalus variegatus. 

Adapun kelelawar yang berenang air merupakan ikan yang bernama spanish dancer. Ikan tersebut juga disebut sebagai nudibranch yang masuk kategori hewan moluska.

Azrin juga mengungkapkan video tersebut mulanya diunggah akun facebook Bob Harrigan - ABC 7. VIVAnews coba menelusuri postingan tersebut.

Video serupa memang diunggah akun facebook Bob Harrigan - ABC 7 pada 17 Januari 2020. Ia juga menambahkan narasi pada video tersebut. Berikut terjemahan narasinya:

Ikan aneh yang dikenal sebagai ikan penari spanyol diabadikan oleh @sherry edwards baru-baru ini di Kanal, Sorasota. Ikan yang keren ini disebut nudibranch, siput laut, Gastropod moluska laut keluarga Hexabranchidae.  

Adapun hewan merah muda yang menyerupai kelelawar juga diunggah facebook dengan nama akun Nature's Beautiful. Foto tersebut diunggah pada 15 Juli 2017.

Berikut narasi unggahan foto akun tersebut:

It's a bird, it's a plane, it's...neither. it's actually the colugo, a gliding mammal with no sense of decency.

Masih dalam narasi unggahan yang sama, akun tersebut membagikan situs dengan judul "Absurd Creature of the Week: The Adorably Creepy Gliding Mammal That’s Basically Just a Big Flap of Skin". Artikel tersebut di-posting laman wired.com pada 21 November 2014.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya