Cek Fakta: Beredar Daftar Virus yang Berasal dari China

VIVA – Akun Facebook bernama Mark Alexander White pada 8 Maret 2020 mengunggah gambar yang diikuti narasi dengan klaim daftar beberapa virus yang berasal dari China

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Berikut narasinya:

“MORE LEFT WING FACEBOOK CENSORSHIP 
As famously said “a picture says it all”

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

HASIL CEK FAKTA

Dilansir dari Factcheck.afp.com, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), virus influenza H2N2 dan H3N2 kali pertama dilaporkan di Singapura pada 1957 dan di Amerika Serikat pada 1968. Virus H5N1 yang menyebabkan penyakit pernapasan akut yang sangat menular pada burung atau dikenal sebagai “flu burung" kali pertama dilaporkan pada angsa di provinsi Guangdong, China, pada 1996, sedangkan kasus pertama pada manusia yang terinfeksi H5N1 dilaporkan di Hong Kong pada 1997.

Harga Diri Apple sedang Dipertaruhkan

SARS, penyakit pernapasan menular yang disebabkan oleh Coronavirus yang berhubungan dengan SARS-CoV, kali pertama kali terdeteksi di provinsi Guangdong, China Selatan, pada 2002.

Flu babi, disebabkan oleh virus Influenza H1N1 yang kali pertama dilaporkan di Amerika Serikat pada 2009. Juga Pestivirus porcine, yaitu virus hewan yang secara resmi dikenal sebagai Atypical porcine pestivirus (APPV), kali pertama terdeteksi di antara anak babi di Austria pada 2013. Terakhir, Covid-19, adalah penyakit yang disebabkan oleh Novel coronavirus alias jenis baru Coronavirus. Virus itu kali pertama dilaporkan di kota Wuhan, Cina, pada Desember 2019, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan fakta-fakta itu, informasi yang mengklaim daftar virus yang berasal dari China adalah tidak benar dan terkategori konten yang salah.

Sumber rujukan: https://cekfakta.com/focus/3999

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya