Cek Fakta: Puan Maharani Disebut Mengubah Pembukaan UUD 1945

Tangkapan layar sebuah media daring yang menampilkan foto Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani sedang berpidato membacakan teks pembukaan UUD 1945.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah media daring yang menampilkan foto Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Puan Maharani menuliskan judul provokatif dalam satu artikelnya, “Puan Maharani Tambahkan “Pro Rakyat” di Akhir Pembukaan UUD 45, Iwan Sumule: Ini Kejahatan Konstitusi!”

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Klaim itu didasarkan atas suara yang terdengar dari mulut Puan dalam sebuah rekaman video yang menyerupai pelafalan ‘Pro Rakyat’.

HASIL CEK FAKTA

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Berdasarkan penelusuruan, setelah dicermati lebih lanjut, ternyata suara ‘pro rakyat’ itu merupakan kesalahan audio akibat terjadi looping pada kalimat akhir yang diucapkan Puan. Kala itu Puan Maharani tampak menutup naskah pembukaan UUD 1945 dan suara menyerupai sepintas terdengar ‘Pro Rakyat’.

Suara ‘Pro Rakyat’ itu ternyata merupakan pengulangan dari pengucapan ‘seluruh rakyat Indonesia’ sementara yang terdengar adalah ‘ruh rakyat Indonesia’. Dalam video tersebut juga tampak tak ada gerak bibir dari Puan saat menutup map naskah UUD 1945.

Gerindra Pastikan Hak Angket Tidak Jadi

Berdasarkan penjelasan tersebut, kesimpulan atas pemberitaan artikel dari media Ikizone.com adalah Keliru. Faktanya suara ‘Pro Rakyat’ yang diklaim diucapkan oleh Puan adalah merupakan kesalahan audio yang merupakan pengulangan dari kalimat ‘, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’ pada akhir paragraf kalimat pembukaan UUD 1945.

Sumber rujukan: https://cekfakta.com/focus/4040

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Wakil Ketua Umum Gerindra Habiburokhman berharap kedekatan Sufmi Dasco Ahmad dan Puan Maharani jadi jembatan rekonsiliasi Gerindra dan PDIP.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024