Mahasiswa Jakarta Aksi 2 Juni 2020 Tuntut Jokowi Turun, Cek Faktanya

Viral aksi mahasiswa Jakarta tuntut Jokowi turun pada Selasa, 2 Juni 2020.
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar video yang diklaim merupakan aksi mahasiswa pada Selasa, 2 Juni 2020 di Jakarta. Mereka menuntut Jokowi turun dari jabatan presiden. Di antaranya akun Facebook Marta Cpr Sikumbang membagikan video dari kanal YouTube Suara Mambruk yang berjudul "Selasa, 2 Juni 2020 aksi mahasiswa tuntut Jokowi turun dari presiden".

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Verifikasi Fakta

Mengutip situs turnbackhoax, video serupa ternyata pernah diunggah akun youtube "SINGA MAROTA IBRA" berjudul "Mahasiswa Kompak Bernyanyi" pada 25 September 2019. Adapun lokasinya terjadi di Palembang, Sumatera Selatan. Tepatnya di seberang BCA dan Plasa Telkom Palembang, Jalan Kapten A. Rivai, Palembang.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Pada akhir September 2019 memang terjadi gelombang demonstrasi mahasiswa di berbagai wilayah. Di antaranya di Palembang, Makassar, dan Jakarta. Para mahasiswa menolak revisi UU KPK, RUU KUHP, RUU Agraria, RUU Ketenagakerjaan, dan RUU Minerba.

Saat itu mahasiswa berunjuk rasa di depan gedung DPRD Palembang, Sumatera Selatan, pada 24 September 2019. Ribuan mahasiswa yang berdemo saat itu juga sempat bentrok dengan aparat kepolisian. Akibatnya, tiga mahasiswa luka serius terkena lemparan batu.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim video aksi tersebut bukan terjadi pada 2 Juni 2020 di Jakarta. Tapi aksi itu terjadi pada September 2019 di Palembang. Informasi demo mahasiswa pada 2 Juni 2020 yang menuntut Jokowi turun merupakan klaim yang salah. (ase)

Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Gibran membantah pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebutkan Presiden Jokowi dan dirinya sudah masuk ke Golkar

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024