Cek Fakta: Wapres Minta Warga Ikhlaskan Dana Haji agar Masuk Surga

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun Facebook yang mengunggah gambar hasil manipulasi dari satu halaman artikel berita Viva.co.id dengan klaim tentang pernyataan Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • Turnbackhoax.id

VIVA – Sebuah akun Facebook bernama Putra Inka mengunggah tangkapan layar satu halaman artikel media Viva.co.id yang berjudul “Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Dipakai Pemerintah Agar Kalian Masuk Surga”. Dalam tangkapan layar itu terlihat artikel tayang pada jumat, 5 Juni 2020 pukul 06.06 WIB.

Wapres Maruf: Pengusaha Jangan Abai Bayar THR Karyawan, Bisa Kena Sanksi

Berikut ini narasi yang ditulis Putra Inka dalam akunnya:

“Dengerin Noh Kalau Simbah Ngomong Buat Yang Punya Dana Haji Dan Ndak Bisa Berangkat Ke Tanah Suci Ikhlaskan Saja Dana Hajinya Di Pakai Pemerintah Tiket Surga Sudah Kalian Genggam Di Tangan.”

Kisah 1 Gereja Pengin Naik Haji, Ustaz Khalid Basalamah: Orang Berjiwa muslim Tak Kekal di Neraka

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, foto tangkapan layar yang diunggah akun Putra Inka itu merupakan hasil suntingan atau editan. Penelusuran melalui indeks pencarian artikel pada resmi Viva.co.id pada tanggal dan jam yang sama ditemukan artikel asli yang berjudul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.

Tahap II Ditutup, Kemenag Sebut 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

KESIMPULAN

Judul artikel adalah suntingan atau editan sehingga dikategorikan konten yang dimanipulasi. Judul asli dari artikel yang ditayangkan oleh Viva.co.id pada Jumat 5 juni 2020 adalah berjudul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.

RUJUKAN

https://www.viva.co.id/berita/nasional/1220019-jokowi-pusing-tangani-corona-ma-ruf-amin-hilang-ditelan-bumi

https://turnbackhoax.id/2020/06/08/salah-wapres-ikhlaskan-saja-dana-haji-dipakai-pemerintah-agar-kalian-masuk-surga/

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya