Jokowi Nyekar di Kuburan Tokoh Teras PKI, Cek Faktanya

Akun facebook Rudi Vatner membagikan sebuah foto Jokowi yang sedang ziarah
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun facebook Rudi Vatner membagikan sebuah foto Jokowi yang sedang ziarah ke sebuah makam ke grup Manusia Merdeka. Dalam foto tersebut terdapat narasi Jokowi nyekar ke kuburan tokoh teras PKI.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Berikut narasi dalam foto tersebut:

"Ini bukan su’uzan, bukan juga ghibah. Tapi fakta: Ngapain Jokowi nyekar di kuburan Widjiatno Notomihardjo – salah seorang tokoh teras PKI – Partai Komunias Indonesia. Hubungannya apa??? Ini perlu diungkapkan agar rakyat Indonesia yang memilihnya sadar bahwa yg kita hadapi ini adalah seorang pendusta besar yang bisanya cuma membantah, membantah dan ngutang!"

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Verifikasi Fakta

Mengutip turnbackhoax.id, tak ditemukan fakta valid soal Widjiatno sebagai tokoh teras PKI. Foto yang diunggah tersebut merupakan momen Jokowi berziarah ke makam ayahnya, Widjiatno Notomihardjo di Jawa Tengah pada 14 Juni 2014. Saat itu Jokowi masih menjadi calon Presiden RI.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Foto tersebut dimuat kantor berita Antara dengan judul Jokowi Ziarah Makam Ayahanda Jokowi memang kerap mendapatkan tuduhan terkait dengan PKI. Jokowi pun sudah membantah tuduhan-tuduhan tersebut.

Berikut caption foto tersebut:

"Calon presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Ibunda Sujiatmi Notomihardjo (kanan) melakukan ziarah ke makam Ayahanda Alm. Widjiatno Notomihardjo di Tempat Pemakaman Keluarga, di Desa Gedangrejo, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (14/6).

Joko Widodo menyempatkan melakukan ziarah ke makam ayahanda di sela-sela melakukan kampanye di Kota Solo, Jawa Tengah menjelang Bulan Ramadhan 1435 H. ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf"

Pada media lain, tuduhan soal Jokowi dikaitkan dengan PKI diulas dalam artikel Historia.id. Pada artikel tersebut, tuduhan Jokowi terkait dengan PKI tak pernah dibahas dalam artikel ilmiah. Tak ditemukan juga bukti tuduhan tersebut.

"Anehnya tuduhan itu tak pernah ditegaskan dalam suatu buku resmi atau tulisan ilmiah yang kadar kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan," tulis Historia.id.

Selain ayah dari Jokowi, Ibunda Jokowi, Sudjiatmi juga dituding menjabat sebagai Sekjen Gerakan Wanita Indonesia (Gerwani), underbow PKI. Tapi dalam tulisan yang dimuat Historia, ayah dan ibu dari Jokowi tak pernah sekalipun 'disentuh' tentara.

"Notomihardjo dan Sudjiatmi sendiri tak pernah sekalipun disentuh oleh tentara. Itu terjadi karena mereka memang tidak memiliki keterkaitan dengan Peristiwa 30 September 1965. Jika memang benar mereka adalah tokoh PKI, itu jelas suatu keanehan. Saat itu, alih-alih anggota PKI, seorang seniman profesional yang sama sekali bukan komunis pun bisa dipenjarakan tanpa pengadilan hanya karena dia pernah mengisi sebuah acara seni yang diadakan oleh PKI," tulis Historia.id dalam laporannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim Presiden Jokowi nyekar di makam Widjiatno Notomihardjo, tokoh teras PKI merupakan klaim yang salah. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya