CEK FAKTA: Hantu Asyik Nge-Gym saat Tidak Ada Orang Selama Corona

Beredar info hantu nge-gym saat tidak ada orang selama corona
Sumber :
  • Turnbackhoax.id

VIVA – Salah satu alat olahraga (Gym) di taman bergerak sendiri, sebagaimana yang beredar dalam sebuah video di media sosial Facebook. Dalam narasi video itu disebutkan bahwa kejadian tersebut lantaran taman tidak dikunjungi orang selama masa Covid-19 sehingga digunakan oleh hantu. 

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Sebagaimana dalam narasi tersebut juga disebut kejadian itu terjadi di India.

Berikut kutipan narasinya berbahasa Inggris:

Nyeri-Pegal Usai Olahraga? Yuk Kenalan dengan DOMS

Weird things happening at deserted Japani park rohini, (due to corona fear, nobody visits park) ghost was exercising after 7 pm witnessed by full police team.”

Hasil Cek Fakta

Garmin Run 2024 Fasilitasi Peserta Disabilitas

Menurut hasil penelusuran tim Cek Fakta, diketahui bahwa penyebab alat olahraga itu bergerak sendiri bukan hantu. Dilansir dari indiatoday.in, alat tersebut bisa bergerak sendiri lantaran pelumas di engselnya terlalu licin. Hal itu membuat alat ketika digoyangkan akan bergerak sendiri terus-menerus.

Sementara itu, akun Twitter @cricketaakash mengunggah video yang menampilkan alat olahraga tersebut digoyangkan lalu alat itu tidak berhenti. Uji coba yang sama pun dilakukan oleh pihak kepolisian yang datang ke lokasi. Lantaran terlalu banyak pelumasnya, alat tersebut tidak berhenti bergerak.

Berikut tayangan yang diunggah akun tersebut:

>

Kesimpulan 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka klaim bahwa hantu berolahraga menggunakan alat olahraga (GYM) di Taman Jhansi, India tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

Sumber rujukan: Cekfakta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya