Cek Fakta: Azan Berkumandang di Jerman padahal Tak Ada Masjid

Sebuah akun Facebook bernama TV Online Streaming Indonesia mengunggah rekaman video yang memperlihatkan kerumunan orang di satu tempat tepi jalan dengan suara latar kumandang azan.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah akun Facebook bernama TV Online Streaming Indonesia mengunggah rekaman video yang memperlihatkan kerumunan orang di satu tempat tepi jalan dengan suara latar kumandang azan. Orang-orang yang tampak dalam video itu terlihat mengacungkan ponsel mereka untuk merekam momen itu.

Proyek Bangun Masjid Mantan K-Pop Daud Kim di Incheon: Kontroversi Memanas, Warga Menolak!

Akun TV Online Streaming Indonesia menuliskan momen itu sebagai peristiwa aneh, karena terdengar kumandang azan (panggilan salat untuk umat Islam) dan dalam waktu yang sama terlihat awan hitam di langit. Padahal, Akun TV Online Streaming Indonesia mengklaim, di kawasan itu tidak ada masjid.

Berikut ini narasi yang diunggah oleh Akun TV Online Streaming Indonesia:

Viral Imam Masjid di Turki Ajak Main Anak-anak di Masjid, Warganet: di Indo Mah Boro-boro

“Di Jerman secara tiba2 terdapat *awan hitam dan tedengar suara orang adzan, sedangkan lingkungan sekitar tdk ada masjid… Orang2 yg kebetulan lewat di lokasi itu semuanya nonton sambil mengambil gambar awan dan merekam suara adzan tsb… Silahkan saksikan…*

#videoviral #viral #adzandijerman #awanhitam #videoaadzandijerman”.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!


HASIL CEK FAKTA

Sumber membagikan video berkaitan dengan suara azan yang berasal dari Masjid Dar Assalam dengan menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang keliru.

Faktanya, suara azan yang terdengar dioperasikan oleh Neuköllner Begegnungsstätte (NBS). The Neuköllner Encounter (NBS) merupakan asosiasi milik masjid Dar-as-Salam milik kelompok Islam Sunni yang beroperasi di Berlin-Neukölln.

NBS dikunjungi hingga 1.500 orang untuk salat Jumat dan dengan demikian merupakan salah satu jemaat masjid terbesar di Berlin. Para pengunjung terutama berasal dari negara-negara Arab, dengan mayoritas kelompok kelahiran Palestina. NBS adalah anggota Dewan Pusat Muslim dan Federasi Islam yang bertanggung jawab untuk mengajar Islam di sekolah-sekolah Berlin.

KESIMPULAN

Video itu tidak terkait awan hitam. Suara azan berasal dari Masjid Dar Assalam, dioperasikan oleh Neuköllner Begegnungsstätte (NBS).

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4085

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya