Cek Fakta: Anies Baswedan Ingin Patung Lilinnya Berkarakter Tersenyum

Akun FB @RiZaMaIJa mengunggah foto dan narasi Gubernur DKI Anies Baswedan.
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Sebuah narasi yang menyebutkan bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah melakukan fitting pakaian, untuk pembuatan patung lilin dirinya di Madame Tussauds Hong Kong, beredar di media sosial Facebook.

Anies Tak Bisa Tentukan Sebagai Oposisi: Saya Bukan Pimpinan Partai

Dilansir Cekfakta.com, narasi beserta foto tersebut diunggah oleh akun @RiZaMaIJa, pada 15 Juni 2020. Unggahan itu mendapat respons lebih dari 900 pengguna Facebook. 

Narasi tersebut, antara lain:

Kalah di Pilpres 2024, Anies Ingin Keluar Secara Terhormat

ANIS BASWEDAN INGIN PATUNG LILINNYA BERKARAKTER TERSENYUM ????

Setelah lebih kurang 2,5 jam melakukan proses fitting dan pengukuran di hampir 200 titik tubuh, Anis Baswedan merasa lega akhirnya proses pengukuran di studio Madame Tussauds tersebut telah selesai, termasuk pengambilan sampel rambut aslinya. Dengan demikian pengerjaan patung lilin dirinya oleh wax artist bisa segera dimulai.

Nasdem Jadikan Anies Baswedan Prioritas Utama Maju Pilkada Jakarta, Ahmad Sahroni Kedua

Bahkan Anis juga telah menyerahkan 1 set properti yang akan dikenakan di patung lilin dirinya nanti, yaitu kemeja, celana, sabuk dan sepatu. Untuk properti lainnya akan dilengkapi sendiri oleh pihak Madame Tussauds.

Salah satu tahapan paling menarik menurut Anis Baswedan yang memenangkan Pilgub DKI tersebut adalah mencetak bagian tangan yang ternyata dikerjakan langsung dengan menduplikat tangan dirinya dengan cairan khusus semacam karet yang disebut alginat. Dengan cara ini bentuk tangan patung lilin itu nantinya benar benar presisi sesuai aslinya.

Untuk bagian tubuh lainnya akan dibuat cetakan dari gypsum (khusus kepala dan wajah yang lebih detail) serta cetakan tanah liat untuk bagian tubuh lainnya. Setelah semua moulding selesai, akan dituang cairan wax bersuhu 74 derajat yang dalam waktu 60 menit akan mengering membentuk patung sesuai karakternya. Tinggal dikerjakan proses finishing.

Anis secara khusus mengajukan request agar karakter wajahnya di patung lilin bukan sedang manyun alias cemberut seperti yang banyak dijumpai di foto yang beredar di sosial media. Dia ingin wajahnya sedang tersenyum dan terlihat giginya. Makanya secara khusus dia juga melakukan proses cetak gigi untuk pembuatan mouldingnya.

Verifikasi Fakta

Dilansir Cekfakta.com, setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut,  melalui mesin pencari gambar milik google. Faktanya foto tersebut pernah digunakan oleh net.id dalam pemberitaan berjudul “Mengintip Anies-Sandi Fitting Pakaian Dinas Gubernur” dan “Berapa Ongkos Jahit Seragam Dinas Upacara Anies-Sandi?” yang diunggah pada 12 Oktober 2017.

Masih mengutip pemberitaan milik net.id, saat itu fitting dilakukan menjelang pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih pada 16 Oktober 2017. Fitting pakaian dinas itu dilakukan di Chiu Tailor, di Jalan Pluit Karang Indah Timur, Jakarta Utara. 

Sementara di situs resmi Madame Tussauds madametussauds.com, tidak ditemukan rilis yang menyebut bahwa akan ada pembuatan patung lilin dengan sosok Anies Baswedan. Dari rilis terakhir di madametussauds.com pada 21 Januari 2020, diketahui bahwa patung lilin terakhir yang dibuat adalah patung lilin kedua dari sosok Jam Hsiao yang merupakan penyanyi sekaligus aktor kelahiran Taipei, Taiwan.

Berdasarkan penelusuran tersebut, unggahan yang menyebut Anies Baswedan tengah melakukan fitting pakaian untuk pembuatan patung lilin di Madame Tussauds Hong Kong adalah tidak sesuai dengan fakta dan masuk ke dalam kategori false context. 

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

Sumber rujukan: https://cekfakta.com/focus/4107

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya