Para Cebong Ketangkap TNI Pakai Atribut PKI, Faktanya

Hoax cebong pakai baju PKI ditangkap
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar pemberitaan dengan keterangan "PARA CEBONG KETANGKAP TNI PAKE ATRIBUT PKI".

Cek Fakta: TNI Kerahkan Ranpur Jaga Gedung Bawaslu

Berdasarkan hasil cek fakta dari tim cekfakta.com, sumber membagikan foto-foto peristiwa lama yang sudah ditangani oleh aparat yang terkait, terjadi pada tahun 2015 hingga tahun 2019. 

Sumber menambahkan narasi yang menghubungkan peristiwa dengan kalangan pendukung politik tertentu tanpa menyertakan referensi yang jelas untuk mendukung klaimnya.

MediaSulut.com @ 12 Jul 2019: “Danramil 1302-14 Amurang, Kapten Inf. Ferdinand Tedampa kepada awak media dalam wawancara, mengatakan, “Bersama unsur pimpinan Kec. Amurang turut hadir dalam giat pemantauan harga sembako di pasar Amurang dalam rangka menghadapi pesta rakyat Minsel yaitu pengucapan atau thanks giving day, dari pemantauan pasar tersebut didapatkan seorang pembeli mengenakan baju bergambarkan atau berlogo palu arit,” jelas Tedampa.”

detikNews @ 27 Mei 2016: ”Hasil interogasi awal bahwa Susanto mendapatkan baju bergambar palu arit tersebut dari bosnya yang tinggal di Perumahan Pondok Hijau dan menurut pengakuan Susanto bahwa bosnya merupakan WN Pakistan.”

Cek Fakta: Surat Suara Pemilu 2024 Dicoblos Pihak Tak Berwenang di Malaysia

Kesimpulan

Foto-foto yang dibagikan adalah peristiwa lama (tahun 2015 hingga 2019), sudah ditangani oleh aparat yang terkait.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Dalam narasi unggahan tertulis bangunan yang terbakar adalah Gedung Bawaslu. Massa membakarnya lantaran menolak hasil Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024