Cek Fakta: Uya Kuya Hipnotis Wapres Ma'ruf Amin, Minta Bela Umat Islam

Hoax foto Uya Kuya hipnotis Wapres Ma'ruf Amin
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar foto artis Uya Kuya sedang menghipnotis Wakil Presiden Ma'ruf Amin dengan dibubuhkan narasi, “Pak kiai bela dong byk umat Islam lgi di pojokan bela Islam jga ibadah”. “AYO JUJUR, SELAMA JADI WAPRES SUDAH NGAPAIN APA AJA…?”

Cek Fakta: TNI Kerahkan Ranpur Jaga Gedung Bawaslu

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, seperti dilansir cekfakta.com, klaim adanya foto Uya Kuya menghipnotis Wapres Ma'ruf Amin dan menanyainya selama jadi wapres sudah melakukan apa saja adalah klaim yang salah.

Isu Kandungan Bromat di Le Minerale Dicap Kominfo Hoax, Manajemen Kasih Penjelasan

Faktanya, foto tersebut adalah foto suntingan atau editan. Foto asli Uya Kuya itu adalah ketika Uya Kuya menghipnotis Dewi Persik pada tahun 2013 dan foto Wapres Ma'ruf Amin yang sedang berdoa adalah ketika Kiai Ma'ruf Amin dan ratusan ulama lain berzikir bersama di Istana Merdeka, Agustus 2018.

Salah satu video yang identik dengan foto Uya Kuya tersebut diunggah di kanal Youtube Zalika Syindjia pada 8 Desember 2013 dengan judul “DEWI PERSIK & SITI BADRIAH DI HIPNOTIS LIVE OLEH UYA KUYA 8 DESEMBER 2013”

Patroli Siber Perangi Hoax Pemilu

Sementara itu, foto Kiai Maruf Amin tersebut dimuat di situs suara.com pada 02 Agustus 2018 di artikel berjudul “Ratusan Ulama Zikir Bersama di Istana”.

Kesimpulan

Foto suntingan atau editan. Foto asli Uya Kuya itu adalah ketika Uya Kuya menghipnotis Dewi Persik pada tahun 2013 dan foto Wapres Ma'ruf Amin yang sedang berdoa adalah ketika Kiai Maruf Amin dan ratusan ulama lain berzikir bersama di Istana Merdeka, Agustus 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya