Dilarang Berkibar, Bendera PDIP Dicopot di Sumbar, Cek Faktanya

Beredar foto dengan narasi bendera PDIP dicopoti di Sumbar
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Anton mengunggah foto hasil tangkapan layar dengan narasi yang menyebutkan bahwa bendera PDIP dicopot dari sudut-sudut jalan di Sumatera Barat. Unggahan tersebut telah mendapat respons sebanyak 1,9 ribu reaksi, 315 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 1 ribu kali.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Berikut narasinya:

“SUMBAR…Emang Gokil…????????????
Mantap…!!!
Bendera PDIP Di Copotin Di Sudut” Jalan…Jangan Sampai Bendera PDIP Berkibar Di SUMBAR.
Insyaallah…Kota” Yg Lainnya.Mengikuti Jejak SUMBAR.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

#TOLAKPDIP
#SumbarMenolakPDIP????????????????”

Hasil Cek Fakta

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Berdasarkan penelusuran, dilansir cekfakta.com, foto hasil tangkapan layar yang digunakan pada unggahan tersebut berasal dari artikel portal gelora.co. Namun, foto asli yang digunakan pada artikel itu bukanlah peristiwa pencopotan bendera PDIP di Sumatera Barat, melainkan foto peristiwa saat Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta mencopot Bendera PDIP di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada 20 Januari 2020.

Satuan Polisi PP Kecamatan Cempaka Putih menurunkan atribut bendera-bendera partai milik PDIP karena adanya aduan masyarakat yang merasa terganggu.

“Kita turunkan sebanyak 500 atribut partai seperti spanduk dan bendera. Semuanya kita bawa ke Kecamatan Cempaka Putih,” kata Kepala Satpol PP kecamatan Cempaka Putih Aries Cahyadi yang dikutip dari Antara News.

Ia menambahkan, penurunan atribut-atribut partai tersebut atas dasar pengaduan warga yang merasa terganggu lingkungannya tidak nampak estetis setelah satu minggu atribut itu terpasang. Pencopotan atribut-atribut itu dilakukan di sepanjang Jalan Pramuka raya, Jalan Layang (Fly Over) Ahmad Yani, Jalan Ahmad Yani, serta Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat.

Dengan demikian, unggahan akun Facebook Anton dapat dikategorikan sebagai Konten yang Salah/False Context, karena foto tersebut bukan diambil di Sumatera Barat, melainkan di sepanjang Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Faktanya, foto tersebut merupakan foto peristiwa Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta mencopot Bendera PDIP di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, pada 20 Januari 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya