Cek Fakta: Foto Menteri Agama Berbusana ala Pendeta

Foto hasil rekayasa alias manipulasi yang memperlihatkan wajah Menteri Agama Indonesia Fachrul Razi dengan busana ala pendeta Kristen.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Aisyah Cha Cha mengunggah narasi dengan disertai foto yang di dalamnya tampak wajah Menteri Agama Indonesia periode 2019-2024, Fachrul Razi, pada 10 September 2020. Dia menuliskan narasi sebagai berikut:

Sang Anak Minta Transfer Uang ke Jemaat, Sumber Penghasil Pendeta Gilbert Jadi Sorotan

“ANJING MILIK JOKOWI AMAT SANGAR
Sosok asli Menteri Agama di kabinet Presiden Joko Widodo, beliau Ngaku beragama Islam tetapi perbuatannya selalu menyingkirkan Norma-Norma ajaran Agama Islam.
Kelakuannya persis seperti Pendeta Kristen yang memusuhi agama islam.”

HASIL CEK FAKTA

Pendeta Gilbert Lumoindong Kembali Dilaporkan ke Polisi atas Dugaan Penistaan Agama

Berdasarkan hasil penelusuran, foto itu merupakan hasil suntingan/editan alias manipulasi. Ditemukan foto asli dari unggahan itu di sebuah situs penyedia stok fotografi, Getty Images. Foto aslinya merujuk pada foto Pope Francis atau Paus Fransiskus yang menghadiri misa Paskah di Lapangan Santo Petrus, Kota Vatikan, 21 April 2019.

Dengan demikian, foto yang diunggah akun Facebook Aisyah Cha Cha di laman pribadinya dapat dikategorikan sebagai konten yang dimanipulasi karena foto tersebut telah melalui proses penyuntingan.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

KESIMPULAN

Hasil Periksa Fakta Renanda Dwina Putri (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Foto itu hasil suntingan/editan alias manipulasi. Foto asli dari unggahan akun Facebook itu merupakan foto Pope Francis atau Paus Fransiskus yang menghadiri misa Paskah di Lapangan Santo Petrus, Kota Vatikan pada 21 April 2019.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/4991

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya