Cek Fakta: Peristiwa Ajaib Ribuan Ikan Datangi Pantai Gaza

Tangkapan layar (screen shot) sebuah akun Facebook yang mengunggah foto pantai dengan penampakan ribuan ikan terdampar yang diklaim terjadi di pantai Gaza, Palestina.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook bernama Agus Rizal Caniago mengunggah video di grup Facebook ‘Seruput Kopi Bareng Jokowi’ pada 2 September 2020. Dalam video itu tampak ribuan ikan terdampar di pantai. Pemilik akun menuliskan narasi untuk video itu bahwa ikan-ikan dalam video sengaja berenang ke tepi pantai di Gaza, Palestina.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

"Israel melarang warga Gaza menangkap ikan di laut tetapi Allah SWT pemilik laut memerintahkan ikan-ikan untuk berenang ke tepi pantai supaya mudah ditangkap oleh para nelayan seluruh warga Gaza.
Allahuakbar!’’.

HASIL CEK FAKTA

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Berdasarkan hasil penelusuran, sebagaimana dilansir dari Cekfakta.com, klaim itu salah. Dilansir dari Sarayanews.com, beberapa aktivis di media sosial mengunggah video yang menunjukkan pemandangan aneh terjadi di pantai Yaman dan Oman, yakni peristiwa ribuan ikan terdampar di pinggir pantai yang disebabkan oleh topan tropis Mekunu yang melanda wilayah itu.

Menurut hasil penelusuran fakta Tempo.co, saat itu gelombang besar di wilayah Yaman dan Oman terjadi karena badai Mekunu. Banjir pun terjadi, dan menyebabkan ikan-ikan terdampar di bibir pantai. Nelayan yang mengetahui hal itu bergegas menuju pantai dan dengan senang hati memenuhi perahu mereka dengan ikan. Nelayan sekitar mengatakan pertama kalinya mereka menemukan hal seperti itu di negara mereka.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Penelusuran atas hoaks serupa juga pernah dilakukan Turnbackhoax.id pada 22 September 2019. Faktanya, ikan-ikan di dalam video yang dibagikan itu bukan di Palestina, melainkan tersapu ke pantai karena topan tropis Mekunu yang menghantam Oman dan Yaman.

KESIMPULAN

Dengan demikian, video unggahan di grup Facebook yang bernama Seruput Kopi Bareng Jokowi dapat dikategorikan sebagai konten yang salah karena video itu merupakan peristiwa ribuan ikan yang terdampar di pesisir pantai akibat badai tropis Mekunu yang melanda Oman dan Yaman.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/5080

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya