Pilkada Jangan Ditunda, kalau Pilpres Tunda 7 Tahun Lagi, Cek Faktanya

Hoax pilkada jangan ditunda, kalua pilpres tunda 7 tahun lagi
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Hendra Madani (fb.com/hendra.madani.75) mengunggah sebuah gambar dengan narasi “#pkikaujokowi“. Di gambar yang diunggah, terdapat narasi sebagai berikut:

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

“PILKADA JANGAN DITUNDA, PILPRES TUNDA 7 TAHUN LAGI”, “Dukung saya sebagai Presiden seumur hidup. Tahun ini langit akan saya aspal untuk kalian menuju akhirat”. Di bawah foto tersebut, terdapat foto para tenaga medis yang tengah merangkai sebuah kata bertuliskan “B A C O T !”.

Penjelasan

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, klaim bahwa Presiden Joko Widodo meminta pilpres ditunda hingga tujuh tahun adalah klaim yang salah.

Faktanya, gambar yang diunggah adalah gambar hasil editan atau suntingan. Foto yang digunakan merupakan momen saat Presiden Joko Widodo tengah meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran (23/7/2020). Selain itu, sejauh ini, pilpres tetap akan digelar pada 2024. Komisioner KPU membantah kabar bahwa pilpres 2024 diundur.

Jokowi Ogah Komentari soal Sengketa Pemilu 2024 di MK

Foto Presiden Jokowi tersebut pernah digunakan oleh medcom.id pada pemberitaan “Jokowi Pastikan RS Darurat Korona Wisma Atlet Siap Digunakan”. Mengutip pada isi berita tersebut, diketahui bahwa orang nomor satu di Indonesia itu tengah meninjau Rumh Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran. Usai melakukan peninjaun Wisma Atlet, Jokowi diketahui mengadakan konferensi pers yang menyatakan jika Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran siap menampung tiga ribu pasien.

Sementara itu, tenaga medis di bagian bawah gambar itu telah disunting dari foto aslinya. Foto asli salah satunya diunggah oleh akun Twitter Kelinci Paskah (twitter.com/KelinciPaskah) yang berisi kampanye sosial media oleh tenaga medis agar tetap berada di rumah selama masa pandemi COVID-19. Pada foto asli yang diunggah pada tanggal 17/03/2020 tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’. Dalam narasinya, akun Kelinci Paskah mengajak khalayak untuk meringankan beban para petugas medis yang berjuang memerangi virus corona.

“Mari meringankan tugas mereka,” tulis Kelinci Paskah, Kamis (17/03/2020).

Selain itu, Komisioner KPU RI, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, menegaskan bahwa informasi terkait penundaan pilpres selama lima tahun adalah palsu dan tidak berdasar. Lebih lanjut Dewa Kade menjelaskan bahwa ketentuan tentang pilpres masih diatur dalam UU Pemilu yang menyebut bahwa pemilihan dilaksanakan lima tahun sekali.

Kesimpulan

Gambar editan / suntingan. Foto yang digunakan merupakan momen saat Presiden Joko Widodo tengah meresmikan Rumah Sakit Darurat COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran (23/7/2020). Selain itu, sejauh ini, pilpres tetap akan digelar pada 2024. Komisioner KPU membantah kabar bahwa pilpres 2024 diundur. Dengan begitu, konten tersebut masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya