Penemuan Tikus Raksasa Segede Gajah, Cek Faktanya

Hoax tikus raksasa
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Facebook bernama Gandhi Kurniawan mengunggah status pada 24/9/2020 berupa sebuah foto dengan narasi “Ditemukan tikus raksasa di Mexico City. Sayangnya sudah dalam keadaan mati”.

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Penjelasan

Dari hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, diketahui foto tersebut diambil ketika petugas kebersihan kota akan membersihkan 22 ton sampah dari terowongan limbah di Kota Meksiko, Meksiko. 

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Dilansir dari ndtv.com, para petugas yang sedang membersihkan saluran limbah pada Jumat, (18/9/2020) dikejutkan ketika melihat sosok yang terlihat hidup dengan bulu yang sangat realistis dan sosok itu terlihat dalam posisi duduk membungkuk. Setelah diselidiki tampaknya sosok tersebut adalah properti Halloween yang tersangkut di terowongan limbah.

Petugas bergegas mengeluarkan benda tersebut dan menyemprotnya dengan air. Menurut pemberitaan nypost.com seorang wanita bernama Evelin López mengklaim telah membuat ‘tikus’ tersebut sebagai properti untuk acara Halloween. Lopez mengatakan benda itu telah hilang selama beberapa tahun diakibatkan oleh badai besar. Tikus itu disimpan di gudang, namun hanyut dan menghilang. Setelahnya Lopez mengaku tidak ada yang dapat menemukan properti miliknya selama bertahun-tahun. Foto dan video penemuan tikus tersebut kemudian menjadi viral di Internet.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Sebuah video berjudul “Encuentran Una Rata Gigante en La Ciudad De Mexico Tras Fuertes Lluvias/Giant Rat Appears In Mexico.” yang tayang pada tanggal 21/9/2020 di kanal Youtube ‘UltramixTV’ memperlihatkan petugas yang sedang membersihkan tikus tersebut dengan air sesuai dengan foto pada status. Di beberapa bagian video diperlihatkan bagian belakang tikus yang berongga, sehingga dapat dipastikan sebagai sebuah patung/properti. 

Kesimpulan

Dari penelusuran di atas, status tersebut masuk kategori konten yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya