Cek Fakta: Benarkah Orang Gila Kebal COVID-19?

Sebuah akun Facebook bernama Shiwa mengunggah narasi tentang klaim yang menyebutkan bahwa vaksin yang ampuh adalah darah orang gila.
Sumber :
  • Covid19.go.id

VIVA – Sebuah akun Facebook bernama Shiwa mengunggah narasi tentang klaim yang menyebutkan bahwa vaksin yang ampuh adalah darah orang gila. Sebab, selama pandemi ada sampai sekarang tidak pernah ada orang gila yang terinfeksi COVID-19.

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

“Vaksin yang ampuh darahnya orang gila,
Selama covid19 ada orang gila smp sekarang tdk pernah kena covid19.”

HASIL CEK FAKTA

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Berdasarkan penelusuruan, dilansir dari Detik.com pada 12 Juni 2020, terdapat 7 orang gangguang jiwa yang positif COVID-19 di Jatim. Dirut RSJ Menur dr M Hafidin Ilham di Surabaya mengatakan, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang menjadi pasien positif COVID-19 di Jawa Timur hingga hari ini ada 7 orang. Pasien ODGJ dirawat di Rumah Sakit Jiwa Menur.

Dilansir dari Indopolitika.com, seorang perempuan paruh baya berusia 54 tahun yang memiliki gangguan jiwa yang berstatus positif corona atau COVID-19 sempat melarikan diri dari rumah, saat melakukan isolasi mandiri di rumahnya di daerah Tebet, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Maret 2020.

Cerita Anne Avantie Bangkrut, Temukan Kebahagiaan di Tempat Tak Terduga

Pasien itu kabur diduga bosan karena seminggu terus menerus di dalam rumah. Warga sekitar sudah mengetahui yang bersangkutan positif terinfeksi COVID-19, sehingga bisa dipastikan dia tak melakukan kontak dekat dengan warga sekitar.

Berita lainnya dilansir dari Iniriau.com: Dua Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Kampar, Riau pada Senin, 20 juli 2020. “Dari 15 kasus baru di Riau hari ini, dua di antaranya adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ),” kata Juru Bicara Percepatan Penanggulangan COVID-19 Riau dr Indra Yovi pada 20 Juli 2020.

Dua ODGJ positif COVID-19 menjadi pasien COVID-19 ke-286 dan ke-287. Ia menjelaskan bahwa pasien kr-286 positif COVID-19 di Riau adalah nyonya AN (53) yang merupakan warga Kabupaten Kampar dan kini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

KESIMPULAN

Klaim bahwa selama pandemi tidak ada orang ganggguan jiwa yang terjangkit atau kebal COVID-19 adalah salah. Berdasarkan penelusuran beberapa pemberitaan media, terdapat orang dengan gangguan jiwa di beberapa daerah yang positif terinfeksi COVID-19.

RUJUKAN

https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-selama-covid19-ada-tidak-ada-orang-gila-yang-kena-covid19

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya