Helikopter Azerbaijan Terbakar dan Jatuh, Cek Faktanya

Hoax helikopter Azerbaijan jatuh
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Pengguna Twitter maytham956 mengunggah foto (27/9) yang menunjukkan sebuah helikopter terlihat terbakar dan jatuh. Foto tersebut disertai dengan keterangan yang menyebutkan bahwa helikopter tersebut adalah milik Azerbaijan. Foto tersebut diunggah menyusul sengketa wilayah Nagorno-Karabakh antara Azerbaijan dan Armenia.

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Berikut narasinya:

“ :smiley::smiley: Azerbaijani helicopter”

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, foto helikopter yang terbakar dan jatuh tersebut diambil dari potongan video yang diunggah oleh kanal R&U Videos di YouTube pada 11 Februari 2020 lalu. Video tersebut meliputi detik-detik jatuhnya helikopter milik angkatan udara Bashar al-Assad di Idlib, Suriah.

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Informasi dengan topik yang sama sebelumnya juga pernah dimuat dalam situs Reuters dengan judul “Fact check: Images of Downed Helicopter Were Not from Azerbaijan-Armenia Conflict” dan mengkategorikannya sebagai false.

Kesimpulan

Hasil Periksa Fakta Khairunnisa Andini (Universitas Diponegoro).

Informasi yang salah. Faktanya, foto yang disebarluaskan tersebut berasal dari sebuah video yang menunjukkan detik-detik jatuhnya helikopter milik angkatan udara Bashar al-Assad di Idlib, Suriah, pada 11 Februari 2020.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh pengguna Twitter maytham956 dapat dikategorikan sebagai Konteks yang Salah/False Context.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya