Banser Adalah Besanan dengan PKI, Cek Faktanya

Hoax Jokowi sebut Banser besanan dengan PKI
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Henra Pratama (fb.com/holakahus.bardrah) mengunggah sebuah gambar yang memuat foto Presiden Joko Widodo dan foto para tenaga medis yang tengah merangkai sebuah kata bertuliskan “B A C O T !”. Terdapat juga narasi “BANSER ADALAH BESANAN DENGAN PKI” di foto itu.

Jokowi Inaugurates Gumbasa Dam with Total of IDR 1.25 Trillion

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, klaim bahwa Presiden Joko Widodo menyatakan Banser adalah besan PKI adalah klaim yang salah.

Tim Hukum Ganjar-Mahfud Beberkan 3 Nepotisme Jokowi

Faktanya, gambar itu adalah gambar editan yang didaur ulang. Foto yang digunakan merupakan momen saat Presiden Joko Widodo tengah meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran (23/7/2020) dan foto tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’.

Foto Presiden Jokowi tersebut pernah digunakan oleh medcom.id pada pemberitaan “Jokowi Pastikan RS Darurat Korona Wisma Atlet Siap Digunakan”. Mengutip pada isi berita tersebut, diketahui bahwa orang nomor satu di Indonesia itu tengah meninjau Rumh Sakit Darurat Penanganan Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran. Usai melakukan peninjaun Wisma Atlet, Jokowi diketahui mengadakan konferensi pers yang menyatakan jika Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran siap menampung tiga ribu pasien.

Respons Istana soal Jokowi Disebut-sebut dalam Sidang Sengketa Pemilu di MK

Sementara itu, tenaga medis di bagian bawah gambar itu telah disunting dari foto aslinya. Foto asli salah satunya diunggah oleh akun Twitter Kelinci Paskah yang berisi kampanye sosial media oleh tenaga medis agar tetap berada di rumah selama masa pandemi COVID-19. 

Pada foto asli yang diunggah pada tanggal 17/03/2020 tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’. Dalam narasinya, akun Kelinci Paskah mengajak khalayak untuk meringankan beban para petugas medis yang berjuang memerangi virus corona.

Kesimpulan

Gambar editan yang didaur ulang. Foto yang digunakan merupakan momen saat Presiden Joko Widodo tengah meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran (23/7/2020) dan foto tenaga medis merangkai kalimat bertuliskan ‘#STAY AT – HOME – AND – HELP – US – PLEASE’. Dengan demikian, unggahan itu masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya