Bayi Ikan Hiu Mirip Dajjal, Cek Faktanya

Hoax bayi ikan hiu mirip dajjal
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar informasi yang menyebut bayi ikan hiu mirip dajjal. Sumber juga menambahkan narasi salah ke foto bayi ikan hiu yang mengalami kelainan sangat langka yang disebut “Siklopia”, menyebabkan kesimpulan keliru karena menghubungkan ke hal lainnya.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Berikut narasinya:

“Astaghfirullah….
Bayi ikan Hiu Mirip DAJJAL,
Apa ini sudah menandakan klw kemuncullan DAJJAL sudah tdk lama lg.”

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Hasil Cek Fakta

Dilansir cekfakta.com, Cyclopia (alobar holoprosencephaly) (OMIM% 236100) adalah malformasi manusia kompleks yang langka dan mematikan, akibat dari pembelahan prosencephalon yang tidak sempurna ke dalam belahan kanan dan kiri yang terjadi antara hari ke-18 dan ke-28 kehamilan. 

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Holoprosencephaly terjadi pada 1 / 16.000 kelahiran hidup, dan 1/250 selama embriogenesis. Sekitar 1,05 dari 100.000 kelahiran diidentifikasi sebagai bayi dengan cyclopia, termasuk lahir mati. Cyclopia biasanya muncul dengan mata tunggal median atau mata yang terbagi sebagian dalam satu orbit, hidung tidak ada, dan belalai di atas mata. 

Malformasi ekstrakranial yang dijelaskan pada bayi lahir mati dengan siklopia, termasuk polidaktil, displasia ginjal, dan omfalokel. Penyebab sindrom langka ini, yang tidak sesuai dengan kehidupan, sebagian besar masih belum diketahui. Kebanyakan kasus bersifat sporadis.Faktor risiko heterogen telah diimplikasikan sebagai kemungkinan penyebab.

HonestDocs: “Istilah cyclopia adalah istilah Yunani yang berarti raksasa. Oleh karena itu, cyclopia digunakan untuk istilah bayi yang lahir bermata satu. Cyclopia adalah penyakit genetik bawaan yang terjadi ketika otak tidak membelah menjadi otak kiri dan otak kanan. Selain itu tentu saja cyclopia ditandai dengan mata satu.

Selain bayi lahir hanya dengan satu mata, bayi dengan cyclopia biasanya tidak memiliki hidung, tetapi belalai (pertumbuhan seperti hidung) kadang-kadang berkembang di atas mata saat bayi dalam kehamilan.

Cyclopia sering menyebabkan keguguran atau lahir mati. Bayi dengan cyclopia yang dapat lahir dengan selamat, biasanya akan meninggal dalam hitungan jam. Kondisi ini memiliki angka harapan hidup yang sangat rendah. Bukan hanya karena bayi hanya memiliki satu mata, tetapi kematian disebabkan oleh cacat otak bayi di awal kehamilan.

Cyclopia juga dikenal sebagai alobar holoprosencephaly, terjadi pada sekitar 1 dari 100.000 bayi baru lahir (termasuk bayi lahir mati).Cyclopia juga merupakan suatu bentuk penyakit yang dapat terjadi pada hewan. Tidak ada cara untuk mencegah kondisi dan hingga saat ini, cyclopia belum bisa diobati.”

National Geographic: “ANOMALI MATA SATU

Bicara tentang penemuan satu-satunya — hiu cyclops yang sangat langka (dalam foto) telah dikonfirmasi di Meksiko.

Janin sepanjang 22 inci (56 sentimeter) memiliki mata tunggal yang berfungsi di bagian depan kepalanya — tanda dari kondisi bawaan yang disebut cyclopia, yang terjadi pada beberapa spesies hewan, termasuk manusia.

Kesimpulan

Tidak berkaitan dengan dajjal, bayi ikan hiu di foto yang dibagikan mengalami kelainan sangat langka yang disebut “Siklopia”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya