Gedung Plaza Indonesia Terbakar, Cek Faktanya

Hoax Gedung Plaza Indonesia terbakar
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar video aksi demonstrasi yang diunggah melalui akun Facebook Fredy Rismanto pada tanggal 20/10/2020 dengan narasi “Gedung plaza Indonesia terbakar”.

Identitas 7 Korban Tewas Kebakaran Toko Frame di Mampang Jaksel

Penjelasan

Dari hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, diketahui narasi tersebut salah. Bukan gedung Istana Plaza yang dibakar, melainkan halte Transjakarta yang berada di depannya. Dilansir dari cnnindonesia.com, halte Transjakarta di Bundaran Hotel Indonesia (HI) terbakar. Api terlihat membesar saat demo menolak Omnibus Law di Jakarta Pusat rusuh pada tanggal 08/10/2020.

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus membantah kabar gedung Plaza Indonesia terbakar dengan mengatakan ratusan massa aksi tersebut hanya membakar halte TransJakarta, trafficlight, barrier dan kawat berduri yang dipasang petugas di depan Mal Plaza Indonesia. Pihak kepolisian telah mengamankan lokasi Mal Plaza Indah agar massa aksi tidak bergerak ke tempat tersebut.

“Tidak terbakar, Mal Plaza Indonesia masih aman. Jadi yang terbakar itu cuma di bagian depan jalan situ saja. Ada halte, traffic light, barrier dan kawat berduri yang dibakar massa,” dilansir dari kabar24.bisnis.com, Kamis (08/10/2020).

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Sementara itu, pasca-kerusuhan tersebut di beberapa cuplikan video perbaikan halte Transjakarta yang terbakar dapat dilihat kondisi gedung Plaza Indonesia dengan keadaan baik-baik saja. Tidak terlihat bekas kebakaran yang terjadi di gedung tersebut. Tidak ditemukan pula pemberitaan tentang gedung Plaza Indonesia yang terbakar di media arus utama, hasil penelusuran merujuk pada kebakaran halte Transjakarta di depan Plaza Indonesia. 

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Informasi yang salah. Pihak berwajib menyatakan Gedung Plaza Indonesia tidak terbakar, bangunan yang terbakar dalam video adalah halte Transjakarta oleh para demonstran. Dengan demikian, status tersebut masuk kategori Konten yang Salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya