Video Detik-detik Dalang Ki Seno Nugroho Meninggal, Cek Faktanya

Hoax video detik-detik Ki Dalang Seno meninggal
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Kanal Youtube bernama “spps Indonesia” mengunggah video berjudul ‘Detik-detik Dalang Ki Seno Nugroho, Meninggal’ pada 03/11/2020. Video tersebut memperlihatkan seorang dalang yang kehilangan kesadaran ketika sedang pentas.

Cek Fakta: TNI Kerahkan Ranpur Jaga Gedung Bawaslu

Penjelasan

Dari hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, diketahui klaim tersebut salah. Dalang dalam video tersebut bukan Ki Seno namun dalang lain bernama Rahmad Santoso yang meninggal pada saat pentas di Dusun Gedoro, Cepoko, Ngrambe, Ngawi , Jawa timur pada Sabtu, 27/10/2018. Ki Rahmad merupakan dalang asal Desa Tambakboyo, Kecamatan Mantingan, Kabupaten Ngawi.

Cek Fakta: Surat Suara Pemilu 2024 Dicoblos Pihak Tak Berwenang di Malaysia

Dilansir dari kompas.com, menurut manajer sang dalang, Gunawan Widagdo. Ki Seno sempat bersepada pada Selasa, 3/11/2020 petang. Namun ketika berada di jalan, Ki Seno merasa kesakitan sampai dijemput oleh warga. Sempat beristirahat di rumah, kondisi Ki Seno tak kunjung membaik, beliau malah muntah-muntah. 

Sang istri dan warga membawa beliau ke RS PKU Muhammadiyah Gamping. Tim medis mengatakan adanya penyumbatan darah di jantung sehingga nyawa Ki Seno tak dapat diselamatkan. Ki Seno menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit sekitar pukul 22.15 WIB.

Cek Fakta: Hasil Hitung Pemungutan Suara Pilpres 2024 di Luar Negeri

Kesimpulan

Dari penelusuran di atas diketahui Ki Seno meninggal pada saat di rumah sakit, bukan pada saat menggelar pentas, sehingga klaim tersebut masuk kategori Konten yang Salah.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Dalam narasi unggahan tertulis bangunan yang terbakar adalah Gedung Bawaslu. Massa membakarnya lantaran menolak hasil Pemilu 2024.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2024