Buntut dari Aksi Boikot, Muslim Prancis Disiksa Macron, Cek Faktanya

Hoax buntut dari aksi boikot, Macron siksa muslim Prancis.
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Youtube LIKIN BOTAK mengunggah video pada 1 Nopember 2020 dengan klaim bahwa video tersebut merupakan buntut dari boikot Prancis sehingga muslim di Prancis disiksa oleh Macron.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Video tersebut turut dibagikan oleh akun Facebook Jhon Tong Meng pada Minggu (01/11/20).

Narasinya:

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Youtube

“buntut BOYCOT PERANC1S MUSLIM PRANC1S DI SIKSA MACRON !!!

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

KASIAN MUSLIM PR4NCIS, SEMAKIN MENEGANGKAN DI PRANCIS”

Facebook:

“Minta doanya saudara ku”


Penjelasan

Dari hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, video yang serupa pernah tayang pada tahun 2017 di akun Youtube RifOnline TV, video tersebut merupakan evakuasi jamaah masjid di kota Clichy-la-Garenne karena telah habis kontrak sewa pada 22 Maret 2017.

Melansir dari yuksekovahaber.com.tr, perselisihan tersebut terjadi antara asosiasi masjid dan pemerintah kota di distrik Clichy-la-Garenne Paris, masjid tersebut disegel dan kemudian tim polisi datang bersama petugas penegak hukum untuk mengevakuasi masjid.

Beberapa waktu setelah masjid dievakuasi, sekitar lima puluh orang yang mengetahui tentang kejadian itu bereaksi dengan memasuki masjid dan mulai duduk, atas reaksi itu polisi mengusir secara paksa para aktivis dari masjid.

Sementara itu, dari kejadian tersebut tiga anggota polisi mengalami luka ringan saat jemaah melakukan perlawanan terhadap aparat keamanan dan satu orang diinterogasi karena melawan polisi.

Kesimpulan

Atas penjelasan tersebut, informasi yang diklaim bahwa Macron menyiksa muslim Perancis karena buntut dari boikot adalah salah dan masuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan/misleading content.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya