Tommy Soeharto: Yang Ganggu FPI Berhadapan dengan Saya, Cek Faktanya

Hoax Tommy menyebut kalau ganggu FPI akan berhadapan dengan keluarga Cendana
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Facebook bernama Djon Liem mengunggah status pada tanggal 23 November 2020 berupa gambar Tommy Soeharto dan Rizieq Shihab sedang bersalaman. 

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Gambar tersebut diberi narasi sebagai berikut: 

“Tommy Soeharto bilang: “siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama itu sama saja membangkitkan umat islam dan akan berhadapan dengan aku/ keluarga cendana” Ujar Tommy di I News TV hari ini”.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Penjelasan

Dari hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, diketahui foto tersebut pernah diunggah pada situs berita detik.com dan cnnindonesia.com pada tanggal 7 Juli 2018. Dalam pemberitaan itu disebutkan Tommy dan Rizieq melakukan salam komando saat bertemu di Mekkah, Arab Saudi, pada 2018. 

Idrus Marham: Fakta atau Omon-Omon?

Kala itu Tommy sedang berada di Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah dan bersilaturahmi dengan Rizieq Shihab. Namun dalam isi berita tidak ditemukan penjelasan Tommy yang mengatakan “Siapa pun yang mengganggu FPI dan para ulama sama saja membangkitkan umat Islam dan akan berhadapan dengan saya atau keluarga Cendana”.

Dilansir dari cekfakta tempo.co, kutipan tersebut berasal dari artikel yang berada di situs ‘Reportase Global’ dengan judul ‘Politik Momentum Tommy Soeharto’ yang keseluruhan isi artikelnya dicantumkan dalam status. Pernyataan yang diklaim berasal dari Tommy itu ditulis oleh Direktur Sipil Institut, Ruslan Ismail Mage, dan dipublikasikan pada 4 Februari 2017.

Terdapat perbedaan dari kalimat yang dituliskan pada gambar, yakni pada artikel asli berbunyi seperti berikut: “Dalam acara di INews TV beberapa waktu lalu Tommy Soeharto menentukan sikap, Siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama itu sama saja membangkitkan umat Islam dan akan berhadapan dengan aku (Keluarga Cendana)”. Penggunaan kalimat “dalam acara di I News TV beberapa waktu lalu” di situs Reportase Global berbeda dengan narasi dalam foto yang menyebut pernyataan dari Tommy tersebut dilontarkan di “INews TV hari ini”.

Namun narasi tersebut tidak ditemukan dari pemberitaan INews TV maupun dari media arus utama lainnya. Antara narasi dengan foto juga tidak memiliki keterkaitan karena perbedaan waktu dan konteks.

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Faktanya, foto tersebut diambil ketika Tommy Soeharto bertemu dengan Habib Rizieq di Mekkah pada saat umrah untuk bersilaturahmi pada 7 Juli 2018. Selain itu tidak ditemukan sumber resmi yang menyatakan bahwa Tommy Soeharto akan menghadapi siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama. Sehingga status tersebut masuk kategori konten yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya