Presiden Jokowi Copot Mahfud MD, Cek Faktanya

Hoax Presiden Jokowi pecat Mahfud MD
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Sebuah postingan beredar dengan klaim bahwa Presiden Jokowi memecat Menko Polhukam, Mahfud MD. Nama akun Facebook Puri A Wahid ini membagikannya dengan menyertakan sebuah link Youtube.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Berikut narasinya:

BERITA TERBARU HARI INI ~ JOKOWI COPOT MAHFUD MD
Wow:scream:

Wakil Bupati Sindir Bupati Manggarai yang Pecat Ratusan Nakes

Penjelasan

Dilansir turnbackhoax.id, di awal video terdapat cuplikan pidato Presiden Jokowi yang mengucapkan kalimat bahwa tidak segan-segan untuk mencopot menteri. Namun di dalam video tidak ada pernyataan bahwa Presiden Jokowi akan atau telah memecat Mahfud MD dari jabatannya saat ini sebagai Menko Polhukam.

Bupati Manggarai Dikecam gegara Tega Pecat Ratusan Nakes, Wakil Bupati Berdalih Tak Dilibatkan

Diketahui cuplikan video itu merupakan video pidato Jokowi setelah dilantik menjadi presiden pada tahun 2019. Ucapan tentang pemecatan menteri merupakan janji Jokowi jika menteri dalam kabinetnya tidak serius bekerja. Jadi bukan pernyataan tentang pemecatan atau pencopotan Mahfud MD.

Selanjutnya, tidak ditemukan artikel yang membahas tentang berita terkait pencopotan Menteri Mahfud MD. Pernyataan di dalam video merupakan pandangan dari Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah. Dedi menyatakan bahwa Presiden Jokowi tidak akan rugi jika harus memecat Menko Polhukam, Mahfud MD, jika tidak serius dalam menindak kepala daerah yang membiarkan kerumunan di tengah pandemi Covid-19.

Kesimpulan

Faktanya, video itu bukan pidato pemecatan menteri oleh Presiden Joko Widodo. Tapi, video tersebut merupakan video pidato Presiden terpilih Joko Widodo pada Oktober 2019.

Dapat disimpulkan bahwa video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo memecat Menteri Polhukam Mahfud MD adalah hoaks kategori konteks yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya