Gereja di Sulawesi Tengah Dibakar Habis, Cek Faktanya

Hoax gereja di Sulawesi Tengah dibakar
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar postingan dari akun Facebook Susandi Sudiro dengan berupa tangkapan layar berisikan klaim bahwa ada gedung gereja yang dibakar habis di Sulawesi Tengah pada 27 November 2020 lalu. 

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Berikut narasinya:

“Dikabarkan ada serangan teror ke gereja di Sulawesi Tengah pada Jumat pagi, 27 November Serangan dilakukan di Lewonu Lembantongoa, Sulawesi tengah dengan Korban :

Ngeri! Remaja 15 Tahun Tikam Uskup saat Khotbah Kebaktian di Gereja

Gedung Gereja Pos Pelayanan Lewonu Lembantongoa dibakar habis
6 Rumah jemaat dibakar
4 orang jemaat meninggal ( 2 orang meninggal dipotong, 1 orang putus leher dengan badan dan 1 orang dibakar )”

Penjelasan

Garap Areal Kuburan, Sejumlah Alat Tambang Emas Ilegal Dibakar Massa

Dilansir turnbackhoax.id, berdasarkan artikel periksa fakta medcom.id, kejadian pembunuhan dengan korban jiwa 4 orang dan 7 rumah warga yang dibakar pada 27 November 2020 yang berlokasi di Sigi, Sulawesi Tengah. 

Namun beredarnya laporan kejadian tersebut di media sosial hingga terjadinya konflik isu SARA tentang adanya pembakaran gedung gereja di Sulawesi Tengah, tidak benar.

Kapolda Sulteng Irjen Rakhman Baso menjelaskan bahwa objek pembakaran hanya rumah biasa yang biasa dipakai untuk tempat pelayanan umat dan menegaskan tidak ada gedung gereja yang dibakar.

Kesimpulan

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim gedung gereja yang habis terbakar di Sulawesi Tengah adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya