Postingan Ketua Komnas HAM Boneka Cendana, Cek Faktanya

Tampilan layar foto klarifikasi Komnas HAM.
Sumber :
  • Akun Twiter Komnas HAM.

VIVA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) membantah sang ketua Ahmad Taufan Damanik pernah berfoto dengan Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto.

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

Bantahan itu menanggapi beredarnya foto di media sosial Tommy Soeharto sedang berdiri berdampingan dengan “Taufan Damanik”. Dalam foto tersebut juga dituliskan keterangan: 

Pantas selama ini #komnasHAM selalu bersebrangan, ternyata Ahmad Taufan Damanik ketua Komnas HAM boneka cendana…

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

"Berita dan foto tersebut TIDAK BENAR," tulis keterangan pers resmi Komnas HAM, Kamis 10 Desember 2020.

Baca juga: Tarif Cukai Naik 2021, Petani dan Buruh Pabrik Rokok Bakal Dapat BLT

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Komnas HAM memastikan, pria yang diberi lingkaran merah dalam foto tersebut bukan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. Bahkan, disebutkan Taufik Damanik tidak pernah bertemu dengan Tommy Soeharto.

"Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik tidak pernah bertemu atau berfoto bersama dengan anggota keluarga cendana dalam kesempatan apapun," tulis pernyataan pers itu.

Masyarakat tidak terpengaruh dan atau ikut menyebarluaskan berita bohong dan menyesatkan tersebut. Komnas HAM memastikan mereka tidak pernah terafiliasi dengan kelompok politik.

"Komnas HAM Republik Indonesia akan selalu bekerja berdasarkan mandat Undang-Undang, dalam hal ini Undang-undang Nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Dan bekerja tidak dalam kaitan dengan kelompok politik manapun tapi semata-mata untuk tegaknya hukum yang berlandaskan prinsip hak asasi manusia," tegas pernyataan tersebut. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya