Prabowo Mengundurkan Diri, Cek Faktanya

Hoax Prabowo Subianto mengundurkan diri
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Akun youtube bernama C&N Channel meng-upload sebuah video yang dalam judulnya menyatakan bahwa Prabowo telah mengundurkan diri dari jabatannya. Video ini pun diawali dengan gambar Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

AHY Ogah Bebankan Prabowo soal Jatah Menteri Buat Demokrat

Narasinya:

Mengejutkan! Berita Hari Ini, Prabowo Mengundurkan Diri, Edhy Prabowo KPK, Berita Terkini

Harapan Ketum Brigade 08 Zecky Alatas pada Prabowo Subianto: Saya Optimis Beliau Bisa

Hasil cek fakta

Setelah dilakukan penelusuran, dilansir cekfakta.com, berita ini adalah hoaks. Ternyata, Prabowo yang dimaksudkan telah mengundurkan diri adalah mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo. Edhy mengundurkan diri setelah tertangkap oleh KPK perihal kasus korupsi perizinan jual beli benih lobster. Sampai hari ini, Prabowo Subianto sendiri masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan Indonesia. Melihat dari hasil pencarian Google, tidak ada artikel yang menyatakan bahwa Prabowo Subianto telah mengundurkan diri dari jabatannya, baik sebagai Menteri Pertahanan, ataupun Ketua Umum Partai Gerindra. Di dalam video juga tidak ada pernyataan tentang pengunduran diri dari Prabowo Subianto.

Bersyukur Prabowo Jadi Presiden, Begini Reaksi Titiek Soeharto saat Ditanya Ibu Negara

Kesimpulan

Hasil periksa fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, Prabowo yang dimaksud di dalam video bukanlah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, melainkan Menteri Kelautan, Edhy Prabowo. Sampai saat ini, Prabowo Subianto masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Ketua Umum Partai Gerindra.

Jadi dapat disimpulkan bahwa video yang mengklaim bahwa Prabowo Subianto telah mengundurkan diri dari jabatannya adalah hoaks kategori false connection atau koneksi yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya