Pertama Kali Pohon Natal Dipasang di Istana Negara, Cek Faktanya

Hoax pohon Natal dipasang di halaman Istana Negara
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Niken Yati (fb.com/niken.yati.7) mengunggah sebuah gambar pada 18 Desember 2020 dengan narasi sebagai berikut:

Awas Hoaks, Ayu Dewi Tegaskan Gak Pernah Jadi MC Peluncuran Jet Pribadi Sandra Dewi dan Harvey Moeis

“Di setiap hari besar ke’agamaan 6 agama yg di sahkan di Indonesia, semoga di setiap simbol” ke’agamaan di pasang di depan istana negara, sebagai bentuk toleransi antar umat ber’agama”

Di gambar yang memperlihatkan foto yang diklaim sebagai foto pohon Natal yang dipasang di halaman Istana Negara itu terdapat narasi “PUJI TUHAN UNTUK PERTAMA KALINYA POHON NATAL DI PASANG DI HALAM ISTANA NEGARA INDONESIA! Semenjak Indonesia Merdeka di tahun 1945! Pemerintahan JOKOWI HEBAATT”

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Penjelasan

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, klaim adanya foto pohon Natal yang dipasang di halaman Istana Negara adalah klaim yang salah.

Jokowi Sempat Malu karena Indonesia Belum Jadi Anggota Penuh FATF

Faktanya, bukan di halaman Istana Negara melainkan halaman Balai Kota DKI Jakarta pada tahun 2014. Pemasangan dua pohon Natal di halaman Balai Kota DKI Jakarta ini terjadi ketika Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Foto yang sama, salah satunya diunggah di artikel berjudul “Ada Pohon Natal Setinggi 3 Meter di Kantor Ahok” yang dimuat di situs Portal Islam pada 22 Desember 2014.

Dilansir dari Tempo.co, foto-foto halaman dengan pohon Natal yang serupa pernah dimuat oleh situs media Aktual.com pada 16 Desember 2014. Foto itu terdapat dalam berita yang berjudul “Jakarta Dipimpin Ahok, Halaman Kantor Gubernur Berdiri 2 Pohon Natal”.

Dilansir dari Merdeka.com, Ahok mengaku, pemasangan pohon itu merupakan permintaan dari panitia perayaan Hari Natal yang digagas oleh sejumlah PNS di DKI Jakarta.

“Kalau pohon yang ini dari panitia Natal. Mereka izin sama saya, saya bilang ya dipasang saja. Bagus dong kelip-kelip kalau malam. Soalnya saya enggak suka kalau pohon-pohon yang ada dikasih lampu,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Senin (22/12/2014).

Ahok menegaskan, pemasangan pohon Natal itu tidak berlaku lama. Setelah perayaan Natal selesai, maka pohon dan pernak-pernik Natal akan dibersihkan.

“Tapi ini enggak boleh lama-lama. Kalau lama dipasangnya, lampu jadi mati. Kalau asal seminggu boleh, lebih dari seminggu enggak boleh,” ujarnya.

Kesimpulan

Bukan di halaman Istana Negara melainkan halaman Balai Kota DKI Jakarta pada tahun 2014. Pemasangan dua pohon Natal di halaman Balai Kota DKI Jakarta ini terjadi ketika Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Dengan demikian, unggahan itu masuk dalam kategori konten yang salah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya