Innalillahi HRS Meninggal di Sel karena COVID-19, Cek Faktanya

Hoax HRS meninggal di sel karena terinfeksi COVID-19
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Facebook Dinda mengunggah status pada 7 Januari 2020 berupa informasi yang menyebutkan Habib Rizieq Shihab meninggal dunia di dalam sel karena terinfeksi COVID-19.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Narasi:

“Inalilahi wainailaihi rojiun

Jokowi Datang Melayat ke Mooryati Soedibyo, Ikut Salat Jenazah

Telah meninggal..HRS..

Di dalam sel karna kena covid…”

Kenang Sosok Mooryati Soedibyo, Nadia Mulya: Kartini Modern

Penjelasan

Dari hasil penelusuran, dilansir turnbackhoax.id, diketahui informasi tersebut tidak benar. Berdasarkan hasil tes swab antigen COVID-19 HRS dinyatakan negatif COVID-19. Pemeriksaan itu dilakukan sebelum HRS diperiksa polisi di Polda Metro Jaya pada Sabtu (12/12/2020).

Kuasa hukum HRS, Sugito Atmo Pawiro, sebelumnya menginformasikan jika HRS sempat mengalami sesak nafas hingga membutuhkan tabung oksigen di malam pergantian tahun.

Dilansir VIVA.co.id, Polda Metro Jaya menegaskan kalau kondisi Habib Rizieq Shihab dalam keadaan sehat. Hal ini ditegaskan untuk membantah pernyataan pihak pengacara, yang menyebut kondisi Habib Rizieq sempat jatuh sakit saat berada di dalam tahanan.

"Sehat, enggak ada masalah," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus di Markas Polda Metro Jaya, Jumat, 8 Januari 2021.

Bahkan, kata Yusri, polisi melakukan pengecekan setiap harinya kepada Habib Rizieq terkait kesehatannya. Hari ini pun pemeriksaan kesehatan telah dilakukan. Di mana, lanjutnya, hasil pemeriksaan menunjukkan kalau Habib Rizieq dalam kondisi sehat. Polisi meminta pihak pengacara tidak membuat narasi-narasi yang menyesatkan.

"Kondisi sekarang bagus. Tadi baru dicek lagi. Kami SOP (Standar Operasional Prosedur) untuk kesehatan dia itu kami lakukan betul pengecekan didampingi oleh MERC," katanya.

Kesimpulan

Dengan demikian, maka informasi yang menyebutkan HRS meninggal dunia di dalam sel karena terinfeksi Covid-19 adalah tidak benar dan masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya