Tanda Tolong Kita di Pulau Laki Muncul di Google Earth, Cek Faktanya

Video tanda tolong kita di Pulau Laki
Sumber :
  • Turnbackhoax

VIVA – Sebuah video menunjukan adanya tanda tolong kita di Pulau Laki yang diduga diambil dari pencarian Google Earth viral di media sosial. Pulau Laki diketahui menjadi lokasi jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Jakarta-Pontianak awal Januari 2021 kemarin.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Narasi yang beredar berbunyi: “menurut kalian gimana guys maaf kalo salah #sj182”. Sambil menunjukan video bukti ada tanda tolong kita dalam Google Earth yang disebarkan.

Cek Fakta

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Dikutip VIVA dari turnbackhoax.id, Kamis 21 Januari 2021 menjelaskan jika konten yang disebarkan oleh akun tiktok @akusypaaaa itu termasuk dalma konten yang salah dan menyesatkan.

Kesimpulan

Diduga Sebar Hoax, Pemilik Akun Connie Rakundini Dilaporkan ke Polrestabes Surabaya

Selain karena ELT (Emergency Locator Transmitter) Sriwijaya Air SJ182 tidak memancarkan sinyal, tulisan tersebut bisa ditambahkan menggunakan fitur anotasi (annotation) di Google Earth for Desktop.

1. First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.
 
Sumber membagikan video hasil suntingan Google Earth menggunakan fitur anotasi (annotation) dengan menambahkan narasi mengaitkan dengan kecelakaan Sriwijaya Air SJ182 baru-baru ini, sehingga menimbulkan kesimpulan yang keliru.

2. Mengenai fitur anotasi di Google Earth for Desktop

Pada April 2017, Google Earth di Web dirilis, yang menempatkan Earth di browser. Namun, untuk tutorial ini, Anda memerlukan Earth untuk Desktop yang diinstal di komputer Anda. Unduh versi terbaru di sini . (Gratis!)”.

3. AOPA: ELT adalah pemancar darurat yang dibawa di atas sebagian besar pesawat penerbangan umum di AS. Jika terjadi kecelakaan pesawat, perangkat ini dirancang untuk mengirimkan sinyal marabahaya pada frekuensi 121,5 dan 243,0 MHz, dan untuk ELT yang lebih baru, pada 406 MHz. 

ELT harus dipasang di hampir semua pesawat sipil yang terdaftar di AS, termasuk pesawat penerbangan umum, sebagai hasil dari mandat kongres. Mandat tersebut dihasilkan dari hilangnya Perwakilan AS Hale Boggs dan Nick Begich pada 1972 di Alaska setelah pesawat mereka jatuh dan tidak pernah ditemukan.”

Dengan demikian, video tanda tolong kita di Google Earth salah karena tidak sesuai fakta serta termasuk kategori konten yang salah.

Baca juga: Beredar Foto SBY Tidur di Tenda Saat Ada Bencana

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya