Video Ustaz Yahya Waloni Ditangkap, Cek Faktanya

Gambar hoax ustaz Yahya Waloni ditangkap
Sumber :
  • Turnbackhoax

VIVA – Sebuah cuplikan video dengan narasi penangkapan ustaz Yahya Waloni ditangkap beredar di media sosial. Video itu diunggah di akun facebook Albert Mandroe dengan menambahkan narasi soal penangkapan tersebut untuk menggiring netizen melihat video tersebut.

Apakah Semua Dosa Seorang Istri Ditanggung Suami? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Dikutip VIVA dari situs turnbackhoax.id, Sabtu 27 Februari 2021, akun facebook tersebut menuliskan narasi sebagai berikut:

“AKHIRNYA USTADZ PENJUAL AGAMA DI CIDVK. DETIK-DETIK PEN4NGK4PAN YAHYA WALONI.”

Kata Ustaz Khalid Basalamah, Ini Hukum Memberikan Hadiah untuk Anak Agar Mau Puasa

Penjelasan

Hasil Periksa Fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya). Faktanya, video tersebut tidak memperlihatkan suasana detik-detik penangkapan Ustaz Yahya Waloni.  

Zakat Fitrah Paling Utama Itu Beras atau Uang? Ini Kata Ustaz Khalid Basalamah

Akun Facebook Albert Mandroe mengunggah link video Youtube pada 17 Febuari 2021. Unggahan tersebut mendapat respon warganet sebanyak 169 komentar, 185 suka, dan 12 kali dibagikan.

Berdasarkan hasil penulusuran, klaim adanya video penangkapan Ustaz Yahya Waloni adalah klaim yang salah.

Faktanya, video tersebut tidak memperlihatkan penangkapan Yahya. Video diunggah pada kanal Youtube Suara Istana pada 17 Febuari 2021. Dalam video tersebut terlihat cuplikan ceramah kontroversial Yahya dan tanggapan sejumlah orang terhadap ceramah kontroversialnya.

Di antaranya terdapat Abdul Kadir Kading yang melaporkan Ustaz Yahya Waloni ke Bareskrim Polri pada 22 September 2018, terkait video ceramahnya yang dianggap menyebarkan ujaran kebencian saat menjadi Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dilansir dari Suara.com, Komisi VII DPR yang membidangi keagamaan meminta organisasi Islam memberikan pembinaan kepada para mualaf penceramah, seperti Yahya dikarenakan ceramah kontroversial yang disampaikannya. Diketahui, Ustaz Yahya Waloni dikenal sebagai penceramah yang biasanya bertopik kristenisasi dan misionaris, topik yang berhubungan dengan latar belakangnya sebelum masuk islam, dia adalah seorang pendeta.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat dikatakan video yang menyebutkan detik-detik penangkapan Ustaz Yahya Waloni adalah tidak benar. Dengan demikian, informasi itu masuk ke dalam kategori false connection.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya