Bill Gates Beli Telegram, Cek Faktanya

Bill Gates diisukan beli Telegram.
Bill Gates diisukan beli Telegram.
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar sebuah informasi di media sosial Facebook yang mengklaim bahwa pendiri Microsoft, Bill Gates, telah membeli aplikasi chat Telegram. Dalam unggahan tersebut menampilkan gambar screenshot berita Fox News yang memiliki headline “Kesepakatn 600 juta dollar (AS) Bill Gates membeli telegram”.

“Kesepakatan 600 Juta Dolar Bill Gates Membeli Telegram”

“Jadi mereka menutup Parler … telah ada perubahan pada buku lelucon tidak ada media berita dan pemeriksa lelucon yang konstan … jadi sekarang semua orang pindah ke platform sosial Telegram untuk mendapatkan fakta Scamdemic di luar sana dan sekarang Bill Gates membeli itu … ayolah … dunia barat terdengar lebih seperti pembatasan sosial masyarakat China setiap hari,” narasi dari postingan itu.

Penjelasan

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah ditelusuri foto yang terlampir dalam unggahan tersebut merupakan foto suntingan yaitu pada bagian headline atau judul berita. Dilansir dari APF Fact Check, Fox News tidak pernah memberitakan Bill Gates membeli telegram. Headline asli rekaman yang dijadikan screenshot itu menampilkan narasi “Selebriti menentang budaya cancel culture”dan tidak ada sangkut pautnya dengan Bill Gates.

Isu tersebut juga telah dibantah oleh Durov, Pendiri Telegram, di akun resminya menuliskan bahwa Ia tidak akan menjual aplikasi chat tersebut “Kami tidak akan menjual perusahaan seperti para pendiri WhatsApp. Dunia membutuhkan Telegram untuk tetap independen,” ujar Durov dalam unggahan resminya di Telegram pada 22 Desember 2020.

Dilansir dari Reuters, juru bicara Bill and Melinda Gates Foundation mengatakan bahwa Bill Gates tidak memiliki hubungan keuangan dengan Telegram.