Cek Fakta: Munarman Bebas

Tangkapan layar (screen shot) akun Facebook Game Politiq yang menampilkan gambar sejumlah polisi, termasuk di antara mereka Tito Karnavian, bersama Sekretaris Jenderal FPI Munarman.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah akun Facebook Game Politiq yang menampilkan gambar sejumlah polisi, termasuk di antara mereka Tito Karnavian, bersama Sekretaris Jenderal FPI Munarman.

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas

Akun itu menuliskan keterangan untuk video yang dia unggah, sebagaimana berikut ini:

“VIRAL TERKINI_~ _TITO__BERSAMA_PULUHAN_POLISI_TURUN_TANGAN, MUNAR_MAN_TERBEBAS_|_VIRAL_HARI_INI” pada 3 Mei 2021. Pada thumbnail postingan tersebut terdapat judul “~~MENGEJUTKAN..!!! AKHIRNYA MUNARMAN BEBAS..!!! RIBUAN POLISI DUKUNG MUNARMAN.”

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa isi video tidak sesuai dengan narasi unggahan atau judul pada thumbnail-nya. Isi video merupakan pembacaan artikel dari sejumlah media, yakni artikel berjudul “Pilih Jalur Sesuai Konstitusi, Tim Pembela Ulama Gugat Jokowi Dan DPR Ke PN Jakarta Pusat” yang tayang di Rmol.id pada 30 April 2021, artikel “Jokowi Digugat Mundur Sebagai Presiden, KSP Minta TPUA Belajar Hukum” yang tayang di covesia.com pada 1 Mei 2021, dan artikel “Sebut Rezim Jokowi Kampungan, Mantan Juru Bicara Gus Dur Bandingkan dengan Kinerja Soekarno dan Soeharto” yang tayang di Beritadiy.pikiran-rakyat.com pada 1 Mei 2021.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Dari ketiga artikel itu tidak ditemukan pernyataan mengenai Munarman dibebaskan. Selain itu, tidak ditemukan kutipan atau pernyataan Tito Karnavian, Menteri Dalam Negeri terkait pembebasan Munarman.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten Facebook Game Politiq itu masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

KESIMPULAN

Isi video tidak membahas mengenai pembebasan Munarman oleh Tito Karnavian. Isi video hanya berisikan pembacaan berita mengenai gugatan Tim Pembela Ulama dan Aktivis (TPUA) kepada Presiden Jokowi dan DPR ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat serta berita mengenai twit Mantan juru bicara Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Adhie M. Massardi terkait kinerja Jokowi yang dibandingkan dengan Soekarno dan Soeharto.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/6908

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya