Cek Fakta: Emak-emak Pendukung Habib Rizieq Akan Wakafkan Nyawa

Tangkapan layar (screen shot) sebuah akun media sosial dengan keterangan bahwa sejumlah ibu-ibu pendukung Habib Rizieq Shihab akan mewakafkan nyawa mereka.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah foto hasil tangkapan layar dari sebuah artikel yang diunggah oleh media online Okezone.com dengan keterangan yang provokatif.

Sosok Pendeta Gilbert yang Dikecam Gegara Singgung Soal Salat dan Zakat

Dalam foto itu tampak sejumlah perempuan paruh baya, disebut emak-emak, yang diklaim sebagai para simpatisan Habib Rizieq Shihab mendeklarasikan akan mewakafkan atau menyerahkan nyawa mereka karena surga telah menanti dan mereka adalah bidadarinya.

Berikut ini narasinya:

Berasa di Curug, Emak-emak Indonesia Gelar Tikar dan Makan Lesehan di Bandara Changi

“Emak-Emak Pendukung Habieb Rizieq Shihab Rela Wakafkan Nyawanya Karena Kami Percaya Surga Telah Menanti Kami Dan Kami Jadi Bidadari Nya”

HASIL CEK FAKTA

Terpopuler: Mobil Pejabat Terkaya Versi LHKPN, Pemotor Emak-emak Berulah di Luar Negeri

Berdasarkan hasil penelusuran pada media online terkait, ditemukan fakta bahwa judul artikel yang beredar di media sosial Facebook telah disunting dan ditambahkan. Judul artikel sebenarnya yang diunggah oleh Okezone.com adalah “Emak-Emak Pendukung Habib Rizieq Shihab Rela Wakafkan Nyawanya” yang dipulikasikan pada 12 April 2021.

Dengan demikian informasi yang beredar di Facebook sebagaimana postingan yang beredar itu tidak benar, sehingga informasi itu terkategori konten yang dimanipulasi.

KESIMPULAN

Judul artikel tersebut telah disunting.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/6907

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya