TNI Berangkat ke Palestina, Cek Faktanya

Unggahan yang menyebut TNI berangkat ke Palestina.
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Akun Facebook Lindha Vhiio (fb.com/100035408109693) pada 15 Mei 2021 mengungggah dengan narasi sebagai berikut ini :

Vokalis Hindia Geram Lagunya Dipakai Anak Ridwan Kamil Promosi Produk Pro Israel

“Semangat para pejuang negri ku Do’a Kami selalu menyertai Langkah kalian. Semoga sodara kita disana bisa segera terselamat kan TAKBIR(ALLAHUAKBAR 3×) #Save_PALESTINA #INDONESIA”

Di video itu terlihat pasukan yang sedang bersujud dan di belakangnya terdapat sebuah pesawat. Juga terdapat narasi “SELAMAT BERJUANG PAHLAWAN BANGSA SEMOGA ALLAH SWT MELINDUNGI MU” dan “Detik Detik Keberangkatan Pasukan Tentara Indonesia ke Palestine”

Atta Halilintar Bocorkan Teka-teki Bayi Adopsi Raffi Ahmad, Berasal dari Palestina?

Penjelasan

Dilansir dari turnbackhoax.id, berdasarkan hasil penelusuran, adanya video pasukan yang sedang bersujud dan diklaim sebagai detik-detik keberangkatan pasukan tentara Indonesia ke Palestina adalah konten yang salah.

Menlu Retno Marsudi Temui Wapres Klarifikasi soal Isu RI Akan Normalisasi Diplomatik Israel

Faktanya, bukan berangkat ke Palestina. Video itu adalah saat-saat kedatangan 187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 27 Januari 2021 usai melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon.

Foto yang identik dengan suasana di video itu diunggah oleh akun Twitter resmi milik Puspen TNI pada 27 Januari 2021 dengan narasi: “187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 Tiba di Tanah Air #tni #puspentni #satgas #mtf #unifil #pmpp #un #peacekeeper #Lebanon”.

Di unggahan tersebut juga terdapat tautan artikel berjudul “187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 Tiba di Tanah Air” yang terbit di situs tni.mil.id pada Rabu, 27 Januari 2021.

Dilansir dari situs tersebut, Satuan Tugas TNI Kontingen Garuda (Konga) United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) Chalk 4 sebanyak 187 terdiri dari 4 prajurit MPU , 1 prajurit MCO, 1 prajurit CIMIC, dan 115 prajurit TNI AD, 55 Prajurit TNI AL, 17 prajurit TNI AU, termasuk di dalamnya 4 prajurit Wanita TNI tiba di Tanah Air seusai melaksanakan Misi PBB, bertempat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu 27 Januari 2021.

Komandan Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI Mayjen TNI Victor H. Simatupang, M.Bus., diwakili Komandan PSOPP PMPP TNI Kolonel Adm Nanang F. Surya, S.E. menyambut kedatangan Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4. Selanjutnya seluruh prajurit TNI melaksanakan karantina selama lima hari sesuai dengan protokol kesehatan di Hotel Grand Mercure, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kesimpulan

Jadi, bukan berangkat ke Palestina. Video itu adalah saat-saat kedatangan 187 Personel Satgas TNI Konga UNIFIL Chalk 4 di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 27 Januari 2021 usai melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya