Anjing Zionis Israel Dilatih untuk Menerkam Orang Salat, Cek Faktanya

Beredar postingan anjing zionis menerkam orang Salat.
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar sebuah pesan berantai melalui Whatsapp yang berisikan sebuah video. Isi video tersebut diklaim merupakan anjing zionis yang dilatih untuk menerkam orang yang sedang shalat.

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini

“Anjing Zionis Israel Yang Dilatih Untuk Menerkam Orang Sholat. Lihat Apa Yang Terjadi,” demikian narasinya.

Penjelasan

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro

Dilansir dari turnbackhoax.id, setelah melakukan penelusuran, hal tersebut tidak benar. Video tersebut merupakan video suntingan. 

Video asli dari video tersebut ditemukan pada laman Youtube akun Media elshar3. Video tersebut merupakan film pendek yang bertema hikmah kehidupan. 

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Hasil periksa fakta yang sama juga pernah dipublikasikan pada laman turnbackhoax.id dengan judul ‘[SALAH] “Anjing Zionis Israel Dilatih untuk Menggigit Orang yang Sedang Sholat”’.

Kesimpulan

Dengan demikian, video pada pesan berantai melalui Whatsapp yang mengatakan bahwa anjing “Zionis Israel” dilatih untuk menerkam orang yang sedang shalat tidak sesuai fakta dan masuk ke dalam kategori false context atau konteks yang salah.

Hasil Periksa Fakta Nadine Salsabila Naura Marhaeni (Universitas Diponegoro), video tersebut merupakan hasil suntingan. Video asli ditemukan pada laman Youtube Media elshar3 yang bertemakan hikmah kehidupan. (pribadi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya