Penutupan Sementara SPBU Pertamina Mulai hari Ini, Cek Faktanya

Pengumuman penutupan SPBU Hoax.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA – Sebuah postingan viral di media sosial Facebook terkait penutupan stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) PT Pertamina mulai hari ini hingga 17 Juli mendatang. Keputusan itu disebut guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

Dilansir dari turnbackhoax.id, Senin 12 Juli 2021, dijelaskan video tersebut berawal dari akun Facebook bernama Halimah Sabiq. Memposting sebuah gambar yang di dalamnya terdapat narasi tentang pengumuman terkait penutupan SPBU tersebut.

“PENGUMUMAN
PENUTUPAN SPBU SEMENTARA
12 Juli 2021 – 17 Juli 2021

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Sebagai komitmen Pertamina dalam mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19″

Setelah ditelusuri, informsi tersebut ditegaskan tidak benar. Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan mengatakan, seluruh SPBU dan Agen LPG masih beroperasi dengan normal.

Terpopuler: Pertalite Berubah di Papan Harga SPBU, Bocah Tabrakkan Mobil Jualan Sales

Bahkan, stok BBM dan LPG pun aman dan masih mencukupi bila diperlukan penambahan selama masa PPKM atau pembatasan kegiatan.

“Sebagai bentuk dukungan memutus penyebaran covid, seluruh fasilitas dan sarana operasi Pertamina dipastikan mematuhi Protokol kesehatan yang berlaku,” kata Eko melansir dari Liputan6.com.

Baca juga: Ada Vaksinasi Berbayar, Stafsus Menteri BUMN: Gratis Tetap Jalan

Hal yang sama juga disampaikan oleh Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Putut Andriatno menyatakan, Pertamina menutup SPBU untuk memutus penyebaran Covid-19 sejak 12-17 Juli 2021 hoaks.

Kesimpulan

Dengan penelusuran tersebut, dipastikan postingan Facebook Halimah Sabiq adalah hoaks. Hal tersebut dijelaskan PT Pertamina sehingga masuk dalam kategori konten palsu atau hoaks

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya