Beredar Website Hoaks Menyerupai PeduliLindungi, Ini Ciri-cirinya

Web palsu menyerupai PeduliLindungi beredar, hati-hati
Sumber :
  • cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah situs website yang mengatasnamakan Peduli Lindungi. Situs tersebut bisa digunakan untuk memeriksa status program vaksinasi COVID-19 namun dibutuhkan memasukkan nomor telepon, nama lengkap, dan alamat rumah.

Ketahui Asal-Usul April Mop yang Selalu Diperingati Setiap 1 April

Namun setelah ditelusuri, tautan situs website yang beredar ini adalah hoaks. Setelah melakukan cross check url situs, ada perbedaan dalam url situs asli. Dalam situs palsu, ditambahkan satu huruf “a” di belakang untuk mengecoh masyarakat. Sehingga alamat tautannya adalah pedulilindungia. Begitu pula nama domain dengan bantuan domainbigdata.com terlihat bahwa alamat ip address berlokasi di United States, California, Thousand Oaks, dilansir cekfakta.com.

Untuk aplikasi dan website asli PeduliLindungi maka hanya dibutuhkan nomor induk kependudukan untuk mengecek status vaksinasi. Kemudian kode domain webstite PeduliLindungi diakhir dengan id yang mana domain ini menunjukkan kode identitas Indonesia. Dalam situs website resmi yakni pedulilindungi.id) hanya dibutuhkan nama lengkap dan NIK saja. Bila perlu kadang secara acak muncul verifikasi recaptcha.

Kabulkan Gugatan Haris Azhar Cs, MK Hapus Pasal Sebar Hoax Bikin Onar

Perbedaan yang mencolok juga terlihat di bagian header.

Situs website resmi atau asli ada kalimat, “Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Cek sertifikat Anda di sini”. Sementara di situs website palsu, “Sudah melakukan vaksinasi COVID-19? Masukan ponsel dengan pencarian nama”. Situs peduli lindungi tidak pernah meminta sejumlah dana.

Cek Fakta: Massa Bakar Gedung Bawaslu Tolak Hasil Pemilu 2024

Dari keterangan tersebut dapat dilihat bahwa tautan dari pedulilindungia.com adalah hoaks dengan kategori imposter content atau konten tiruan. Oleh karena itu masyarakat diimbau berhati-hati dan jangan mudah memberikan data pribadi. Jangan mengakses website palsu yang menyeruapi aplikasi PeduliLindungi.

Amanda Manopo

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Baru-baru ini, Amanda Manopo meluapkan kekesalannya di sosial media. Ia kesal dengan penggemar yang bikin gosip baru bahwa dia ikut rayakan Lebaran dengan Arya Saloka

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024