Amien Rais Dikeroyok Orang Tak Dikenal, Cek Faktanya

Amien Rais deklarasikan Partai Ummat.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah.

VIVA – Kanal Youtube Pakde TV mengunggah video dengan judul “Berita Terkini ~ Amien Rais Dikeroyok Oleh OTK, Keluarga Histeris Saat Mengetahui Kondisi Si Mbah!!” Selain itu, pada bagian thumbnail tertulis narasi “BREAKING NEWS!!! AMIEN RAIS DIKEROYOK ! KELUARGA HISTERIS SAAT TAHU KONDISINYA.”

Anggota Polisi yang Tembak Debt Collector Serahkan Diri ke Propam

“Berita Terkini ~ Amien Rais Dikeroyok Oleh OTK, Keluarga Histeris Saat Mengetahui Kondisi Si Mbah!!”

Narasi pada thumbnail:

Heboh Video VCS Pejabat Diduga Libatkan Sekda Rokan Hilir, Begini Kata Bupati

“BREAKING NEWS!!!

AMIEN RAIS DIKEROYOK !

8 Oknum Prajurit TNI Ditahan Buntut Kasus Penyiksaan Warga Papua

KELUARGA HISTERIS SAAT TAHU KONDISINYA,” demikian narasinya. Lihat di sini 

Cek Fakta

Dilansir dari turnbackhoax.id, berdasarkan hasil penelusuran diketahui bahwa video hasil suntingan sejumlah video dan pembacaan beberapa artikel yang tidak sesuai dengan klaim pada judul dan narasi thumbnail. Video pertama dicuplik ialah video berjudul “Alasan Loyalis Amien Rais, Agung Mozin Mundur dari Partai Ummat” yang tayang di kanal Youtube voitid pada 27 Agustus 2021. Isi video merupakan penjelasan alasan Agung Mozin keluar dari Partai Ummat.

Video kedua yang dicuplik dalam video di Pakde TV ialah video berjudul “LAWAN KEZALIMAN TEGAKKAN KEADILAN, AMIEN RAIS RESMI DEKLARASI PARTAI UMMAT” yang tayang di kanal Youtube NEWS ADiTV pada 29 April 2021. Isi video membahas mengenai deklarasi Partai Ummat.

Amien Rais dikabarkan dikeroyok orang tak dikenal

Photo :
  • turnbackhoax.id

Dan, video ketiga yang dicuplik ialah video berjudul “Eko Kuntadhi & Mazdjo Pray: DITINGGAL NENO, AMIEN BAKAL JADI GELANDANGAN POLITIK? (Pra Kontro #117)” yang tayang di kanal Youtube 2045 TV pada 5 Oktober 2021. Isi video merupakan pembahasan Eko Kuntadhi dan Mazdjo Pray terkait dinamika yang terjadi di Partai Ummat.

Adapun, ada tiga artikel yang dibacakan atau dinarasikan melalui voice over dalam video yang terdapat di kanal Youtube Pakde TV. Artikel pertama berjudul “’Saya Dikeroyok’, Amien Rais Ungkit Masa Lalu di PAN, Usai Ditinggal Pengurus Partai Ummat” yang tayang di palembang.tribunnews.com pada 11 Oktober 2021. 

Isi artikel membahas pandangan Amien Rais terhadap dinamika mundurnya sejumlah anggota Partai Ummat dan alasan Amien keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN). Adapun, konteks ‘keroyok’ dalam judul artikel bukan mengarah kepada pengeroyokan kepada Amien Rais secara fisik, melainkan analogi yang digunakan Amien saat menceritakan alasan dirinya keluar dari PAN.

Artikel kedua yang dibacakan ialah artikel berjudul “Jawaban Amien Rais soal Banyaknya Pengurus Partai Ummat yang Tiba-tiba Mundur, Termasuk Neno” yang tayang di jabar.tribunnews.com pada 11 Oktober 2021. Sama halnya dengan artikel pertama, artikel tersebut membahas tanggapan Amien Rais perihal dinamika keluarnya sejumlah anggota Partai Ummat.

Artikel ketiga yang dibacakan dalam video di kanal Pakde TV ialah artikel berjudul “Amien Rais Tanggapi Mundurnya Pengurus Partai Ummat, Pengamat: Mereka Harus Kerja Sangat Keras” yang tayang di aceh.tribunnews.com pada 10 Oktober 2021. Isi artikel membahas pandangan Amien Rais, Humas DPP Partai Ummat Mustofa Nahrawardaya, dan Pengamat Politik Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) Hendri Satrio atas dinamika di Partai Ummat.

Pembahasan ketiga artikel tersebut tidak sesuai dengan klaim pada judul dan narasi thumbnail video di kanal Pakde TV. Oleh sebab itu, konten video di Pakde TV masuk ke dalam kategori Konten yang Dimanipulasi.

Kesimpulan

Isi video tidak sesuai dengan judul dan narasi pada thumbnail. Isi video merupakan hasil suntingan sejumlah video dan pembacaan beberapa artikel yang membahas dinamika di Partai Ummat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya