Ada Koreografi Tulisan Rasulullah di Liga Jerman, Cek Faktanya

Koreografi fans sepakbola dengan tulisan Rasulullah
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Sebuah akun facebook bernama Essy mengunggah video yang memperlihatkan supporter sepakbola yang mengenakan jersey berwarna kuning di bagian tribun penonton membentuk tulisan ya habibi Ya Rasulallah untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW. Dalam narasinya, kejadian tersebut dilakukan oleh supporter tim liga Jerman.

Sering Pikirkan Kematian, Bunda Corla Galau Mau Dimakamkan di Jerman Atau Indonesia

“Suporter liga jermaan sekaligus memperingati lahirnya sang manusia agung Maulid Nabi Muhammad saw, Membentuk formasi ya habibi Ya Rasulallah…Masyaallah,” demikian narasinya. Cek sumbernya di sini.

Cek Fakta

Pantesan Betah, Ternyata Ini Alasan Bunda Corla Pilih Tinggal di Jerman Daripada Indonesia

Dilansir dari turnbackoax.id, berdasarkan penelusuran video tersebut merupakan konten keliru yang kembali beredar. Faktanya, video tersebut memang benar dilakukan oleh supporter sepakbola namun bukan tim liga Jerman melainkan tim liga Arab Saudi bernama Al Ittihad FC.

Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal ‘Tala Al Badru’ Alayna’ yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah.

Film Siksa Kubur Raih 1 Juta Penonton dalam 4 Hari, Joko Anwar Girang

Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan ????? ?? ???? ???? yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka.

Fans Al Ittihad melakukan aksi ini di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, 20 Februari 2015 lalu. Saat itu Al Ittihad tengah menghadapi Al Shoalah pada laga lanjutan Liga Arab Saudi. Pada laga tersebut, Al Ittihad berhasil menang 3-2 meski sempat tertinggal lebih dulu.

Informasi salah ini juga sudah pernah diverifikasi sebelumnya oleh website turnbackhoax.id pada 8 september 2019 dengan judul “[SALAH] “penonton Liga Jerman membuat ‘konfigurasi menghormati Rasulullah”.

Kesimpulan

Jadi, itu merupakan klaim yang salah. Faktanya, barisan penonton yang membentuk konfigurasi tulisan Nabi Muhammad itu bukanlah supporter sepakbola liga Jerman melainkan supprter sepakbola klub liga Arab Saudi, Al Ittihad FC pada februari 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya