Cek Fakta: Ada Korban Meninggal di Kecelakaan Uji Coba LRT Jabodebek

Tangkapan layar (screenshot) akun Facebook yang mengunggah tulisan dengan klaim bahwa ada beberapa korban meninggal dunia dalam peristiwa kecelakaan kereta LRT Jabodetabek di Jakarta.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Facebook Balqis Yamanie mengunggah tangkapan layar yang menyatakan bahwa ada seorang masinis, seorang instruktur/penyelia, seorang dari balai uji sertifikasi, dan semua yang berada di kabin meninggal dalam kecelakaan uji coba kereta LRT Jabodebek di Jakarta pada 20 Oktober 2021. Menyertai postingan tangkapan layar tersebut, akun Balqis menuliskan narasi “baru Uji Coba uda kecelakaan…???.”

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Berikut ini keterangan unggahannya:

“baru Uji Coba uda kecelakaan…????????????”

Sandiaga Uno Puji Karung Penyelamat Motor di Turunan Maut, Reaksi Netizen di Luar Dugaan

Narasi pada tangkapan layar:

“yang meninggal :
Masinis 1 org
Instruktur/Penyelia 1 Org
Balai Uji Sertifikasi 1 Org
Semuanya berada di kabin
Turut berduka untuk kecelakaan uji coba
LRT Jabodebek

2 Motor Adu Banteng di Kembangan Jakbar, 1 Orang Tewas

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim itu keliru. PT Industri Kereta Api (Inka), dalam akun Instagram-nya @pt_inka, menyatakan bahwa tidak ada korban meninggal dalam peristiwa itu.

“Kronologi kejadian tersebut: terdapat satu rangkaian kereta akan langsir menumbuk rangkaian yang sedang stabling. Kereta dalam kondisi tidak berpenumpang. Dalam peristiwa ini terdapat satu korban luka ringan, yaitu masinis PT INKA dan saat ini masih dirawat di RS,” tulis akun @pt_inka.

Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro mengatakan, indikasi awal terjadinya kejadian tersebut akibat masinis kereta yang terlalu cepat saat melakukan proses langsir. Langsir merupakan proses pergerakan rangkaian kereta, khususnya gerbong dan lokomotif, untuk berpindah jalur rel.

Menurut Budi, peristiwa itu terjadi dalam proses pengujian LRT. Uji coba LRT sudah hampir selesai. “Ini memang proses pengujian kereta api yang memang sekarang sudah hampir selesai sebetulnya, hampir selesai untuk pengujian,” katanya.

Berdasarkan penjelasan itu, maka klaim ada orang meninggal dalam kecelakaan LRT Jabodebek itu tidak benar. Oleh sebab itu, konten tersebut terkategori Konten Palsu.

KESIMPULAN

Tidak ada korban meninggal dalam kecelakaan uji coba kereta LRT Jabodebek, sebagaimana dikonfirmasi oleh Direktur Utama PT Inka Budi Noviantoro. “Masinisnya, alhamdulillah, tidak apa-apa, ya, luka ringan, dan [telah dibawa] ke rumah sakit, masih sadar,” katanya.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7744

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya