Cek Fakta: AS Sembunyikan Lagu Michael Jackson tentang Ibadah Haji

Tangkapan layar (screenshot) pesan WhatsApp dengan klaim bahwa sebuah lagu milik Michael Jackson yang dikunci oleh pemerintah Amerika Serikat dan tidak dibolehkan untuk dipublikasikan karena lagu itu berisi tentang ibadah haji.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah pesan berantai melalui WhatsApp yang menyatakan bahwa sebuah lagu milik Michael Jackson yang dikunci oleh pemerintah Amerika Serikat dan tidak dibolehkan untuk dipublikasikan karena lagu itu berisi tentang ibadah haji. Pesan berantai itu juga disertai sebuah video yang berisi lagu yang dimaksud.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

“LAGU yg tidak pernah di perdengarkan kepada umum … namun setelah matinya MICHAEL JACKSON dibongkar … inilah salah satu lagunya yang dikunci OLH pihak pemerintahan Amerika, Lagu yang memuji kebesaran AGAMA ISLAM yang terang lagi nyata.

Betapa indah lirik dan lagunya, sedap didengar,
Bisa sampai menetes air mata tanpa di sadar-i. Wallahu ‘alam bissawab. Yang telah tiada Mikaeel nama muallafx, … Innalillahi wa inna illaihi rojiuunn, … nikmatul kubur wa nikmatul barzah,…. Aamiin
Lagu MICHAEL JACKSON yg tidak pernah dirilis….Tentang Ibadah Haji ?
?????????? ????? ????? ?????????? ????????? ? ? ????”

Edi Purwanto Paparkan Kinerja DPRD Jambi di Hadapan Wakil Konsul AS

HASIL CEK FAKTA

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan berantai itu merupakan hoaks lama yang kembali beredar. Lagu itu bukan merupakan lagu milik Michael Jackson, melainkan lagu milik seorang penyanyi Kanada kelahiran Pakistan, Irfan Makki, yang berjudul “Waiting for the Call”. Lagu itu merupakan salah satu lagu yang terdapat dalam album studio pertama Makki, “I Believe”, yang dirilis pada 8 Agustus 2006.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Narasi serupa juga pernah beredar sebelumnya pada November 2017 dan September 2021. Artikel dengan topik itu telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul artikel “[HOAX] Michael Jackson “Islam In My Veins” Unpublished Song” yang diunggah pada 15 November 2017, serta artikel berjudul “[SALAH] Lagu Michael Jackson yang Tidak Diizinkan Untuk Umum Oleh Pihak Pemerintah Amerika” yang diunggah pada 29 September 2021.

Dengan demikian, pesan berantai yang beredar di WhatsApp itu dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

KESIMPULAN

Hoaks lama yang kembali beredar. Lagu itu merupakan lagu yang dinyanyikan oleh seorang penyanyi Kanada kelahiran Pakistan, Irfan Makki, yang berjudul “Waiting for the Call”, bukan lagu yang dinyanyikan oleh Michael Jackson.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7739

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya