Cek Fakta: Puan Maharani Sarankan Penanaman Microchip di Tangan

Tangkapan layar (screenshot) rekaman video tayangan berita televisi dengan keterangan bahwa Puan Maharani, saat menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, menyarankan penanaman microchip di tangan.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah akun media sosial Tiktok bernama @ESCHATOLOGY.CHANEL mengunggah video dengan pengantar narasi yang menyatakan bahwa Puan Maharani menyarankan penanaman microchip di tangan. Video itu menampilkan hasil wawancara Puan Maharani saat menjabat sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Amanda Manopo Murka! Gosip Hoaks Tersebar Luas, Keluarga Sampai Tahu

Pengantar narasi video itu: “WADUH…WADUH… PUAN MAHARANI SARANKAN PASANG MICROCHIP DI TANGAN”

HASIL CEK FAKTA

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Berdasarkan hasil pemeriksaan fakta, terdapat kekeliruan penggunaan video wawancara Puan Maharani tentang pemasangan microchip itu. Melansir dari unggahan Youtube media Beritasatu, rencana pemasangan chip yang diajukan oleh Puan saat itu tidak ditujukan kepada seluruh masyarakat, namun kepada pelaku kejahatan seksual.

Pemasangan chip, menurut Puan, merupakan tindakan pengawasan dan pencegahan agar pelaku tindak kejahatan seksual ini tidak mengulangi kejahatannya. Puan pun menyatakan bahwa rencana itu masih dalam pengkajian polisi untuk mengatur mekanisme eksekusinya.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengantar narasi yang menyebutkan bahwa Puan menyarankan penggunaan microchip di tangan merupakan informasi yang keliru, dan itu terkategori hoaks misleading content atau konten menyesatkan.

KESIMPULAN

Faktanya, penanaman microchip disampaikan Puan saat dia menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Rencana penanaman microchip hanya ditujukan kepada pelaku kejahatan seksual untuk kepentingan pengawasan dan pencegahan.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7780

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya