Cek Fakta: Jokowi Dikawal Pasukan Khusus dengan Formasi V di Perancis

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akun media sosial yang mengunggah foto konvoi kendaraan dan pasukan pengawal yang diklaim sebagai pengawal khusus Preside Joko Widodo selama kunjungan kenegaraan di Perancis.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Sebuah akun media sosial mengunggah foto konvoi kendaraan dan pasukan pengawal yang diklaim sebagai pengawal khusus Presiden Joko Widodo selama kunjungan kenegaraannya di Perancis.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Akun itu menuliskan keterangan: “Pengawalan presiden Jokowi di Perancis . Dengan formasi kawal V ( 15 sepeda motor ) oleh satuan Le Gendamerie , ini tradisi pengawalan khusus hanya untuk tamu negara yang sangat di hormati .
Bravo president Jokowi …….????????????????????????”

HASIL CEK FAKTA

Tim Cook Puts Investment to Build Apple Developer Academy in Indonesia

Berdasarkan hasil penelusurran. akun itu membagikan video pengawalan kunjungan Ratu Elizabeth II ke Berlin (Jerman) pada tahun 2015  dengan menambahkan narasi yang TIDAK sesuai dengan fakta, sehingga menimbulkan kesimpulan yang SALAH.

Salah satu sumber yang sebelumnya membagikan pada 27 Juni 2015: “Hallo liebe Videofreunde, dies ist mal wieder ein Glücksfall. Nach einem Termin in Moabit beschlossen wir noch durch den englischen Garten die Siegessäule zu besuchen. Das hatten wir schon lange vor. Die Aussicht ist phantastisch. Auf einmal war viel Polizei vor Ort und der Verkehr stand. Wir dachten natürlich nicht an die Queen. Was wir sahen seht ihr im Film. Viel Spass Hans-Joachim”

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Pada 24 Juni 2015: “The Queen and the Duke of Edinburgh meet President Joachim Gauck and Chancellor Angela Merkel in Berlin on their State visit to Germany.”

Anadolu Agency pada 24 Juni 2015: “Ratu Elizabeth II dari Inggris telah memulai kunjungan resmi tiga hari di ibu kota Berlin dengan pertemuan dengan para pemimpin Jerman pada hari Rabu.”

KESIMPULAN

BUKAN pengawalan Presiden Jokowi. FAKTANYA, video yang dibagikan adalah pengawalan kunjungan Ratu Elizabeth II ke Berlin (Jerman) pada tahun 2015.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7784

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya