Cek Fakta: Pangeran Charles Memuji Keberhasilan Jokowi Selamatkan Alam

Tangkapan layar (screenshot) sebuah akn Twitter yang mengunggah video pidato Pangeran Charles dalam KTT G20 di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021, namun ditambahkan narasi bahwa Charles memuji Jokowi.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Akun Twitter dengan nama pengguna ‘cagubnyinyir2’ mengunggah sebuah video pidato Pangeran Charles dalam KTT G-20 yang diselenggarakan di Roma, Italia, pada 30-31 Oktober 2021. Dalam unggahan tersebut, juga disertakan narasi yang menyatakan bahwa isi dari pidato tersebut merupakan pujian Charles terhadap Jokowi atas keberhasilannya dalam menyelamatkan alam.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Hasil Cek Fakta

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hasil potongan dari pidato lengkap Charles. Potongan video yang diunggah dalam narasi sesuai dengan detik 3:09-3:34 dalam versi lengkap pidato yang dapat dilihat melalui video berjudul “Prince Charles’ Speech at G-20 Summit: ‘The Future of Humanity is at Stake’” yang diunggah oleh kanal YouTube ‘The Royal Family Channel’ pada 31 Oktober 2021.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

Dalam pidato tersebut, Charles menyatakan terima kasih kepada Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, selaku pemegang kursi presidensi G-20 2021 atas usahanya untuk membawa isu perubahan iklim ke ranah global melalui G-20, serta menyampaikan harapannya kepada Jokowi untuk meneruskan usaha pendahulunya setelah Indonesia memegang kursi presidensi G-20.

Dalam cap waktu tersebut, Charles menyampaikan pidato sebagai berikut: “That is why Prime Minister, I’m so grateful to you for recognizing the essential truth, and from bringing them in. Giving them a seat at this most important table, so that climate change can be tackled in partnership. Which is why I also wish President Widodo every possible success when you pass the baton to him in a month’s time”.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Pernyataan tersebut dapat diartikan sebagai berikut: “Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih kepada Perdana Menteri atas usahanya membawa fakta yang ada ke ranah global. Memberikan tempat untuk membahas isu ini di konferensi penting ini, sehingga masalah perubahan iklim dapat diatasi dengan kerjasama negara-negara dunia. Saya juga ingin menyampaikan doa dan harapan saya kepada Presiden Widodo agar bisa meneruskan usaha-usaha yang telah dilakukan oleh pendahulunya dengan sukses ketika ia memegang kursi presidensi bulan depan”.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Twitter dengan nama pengguna ‘cagubnyinyir2’ tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Kesimpulan

Faktanya, Pangeran Charles bukan memuji keberhasilan Presiden Jokowi dalam menyelamatkan alam, melainkan menyatakan terima kasih kepada Perdana Menteri Italia Mario Draghi atas usahanya untuk membawa isu perubahan iklim ke ranah global melalui G-20, serta menyampaikan harapannya kepada Jokowi untuk meneruskan usaha pendahulunya setelah Indonesia memegang kursi presidensi G-20.

RUJUKAN

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya