Cek Fakta: Foto Pertemuan Alien dengan Manusia

Tangkapan layar (screenshot) akun Twitter menampilkan gabungan beberapa foto yang diklaim sebagai pertemuan antara manusia dengan alien.
Sumber :
  • Cekfakta.com

VIVA – Beredar sebuah foto di Twitter yang diklaim sebagai pertemuan antara manusia dan alien. Foto tersebut diunggah pada tanggal 28 Oktober 2021 di akun Twitter dengan username @NerdyDown dan mendapatkan tanggapan berupa 91 retweets, 14 quote tweets, dan 594 likes.

Buku Karya Penulis Israel yang Diduga Pengaruhi Zara Lepas Hijab Beredar di Indonesia

HASIL CEK FAKTA

Setelah ditelusuri, informasi itu salah. Faktanya, foto itu telah dimanipulasi oleh pihak lain. Dilansir dari Ufoofinterest.org, akun Twitter pengecekan fakta UFO dan anomali langit, menjelaskan bahwa foto itu telah dimanipulasi.

UFO Terpantau Lagi Keliling Bulan

Melalui penelusuran Google Image Reverse, kami mencoba menelusuri salah satu foto yang menunjukkan presiden ke-34 Amerika Serikat, Eisenhower, bertemu dengan alien. Hasil penelusuran menunjukkan bahwa foto itu sebenarnya merupakan pertemuan antara Eisenshower dengan Sekretaris Negara Amerika Serikat, John Foster Dulles, pada tahun 1956.

Hoaks serupa pernah beredar pada tahun 2017 yang menunjukkan Augusto Pinochet Ugarte, mantan presiden Chile, bersalaman dengan alien. Informasi itu telah dibantah langsung oleh debunker Hoaxeye dengan memberikan klarifikasi bahwa foto itu dimanipulasi. Sebenarnya, foto itu merupakan pertemuan antara Augusto Pinochet Ugarte dengan William Thayer di Santiago.

Berapa Lama Hari Kiamat akan Berlangsung? Ini Penjelasannya

Dengan demikian, foto yang menunjukkan pertemuan alien dan manusia adalah hoaks dengan kategori konten yang menyesatkan.

KESIMPULAN

Informasi itu salah. Dilansir dari @ufoofinterest.org, akun Twitter pengecekan fakta UFO dan anomali langit, menyatakan bahwa foto itu telah dimanipulasi.

RUJUKAN

https://cekfakta.com/focus/7795

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya