Beredar Poster Deklarasi Anies-Ganjar untuk Pilpres, Cek Faktanya

Beredar poster capre-cawapres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo
Sumber :
  • turnbackhoax.id

VIVA – Beredar di media sosial facebook sebuah poster yang berisi foto Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo secara berdampingan dan diklaim merupakan poster acara deklarasi untuk Calon Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029. Dalam poster tersebut tercantum juga beberapa logo Partai Politik seperti, PAN, Demokrat, Nasdem, PKS, PPP, dan PKB dan dilangsungkan pada Minggu, 7 November 2021 di JIEXPO Kemayoran.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

“Mantap RI 1 dan RI 2 untuk indonesia Sejahtera Periode 2024 – 2029,” demikian narsinya.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Cek Fakta

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Dilansir dari turnbackhoax.id berdasarkan penelusuran, Waketum bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid mengklarifikasi bahwa poster tersebut hoaks dan memastikan deklarasi itu tidak ada. Ia pun menekankan hingga saat ini, PKB tegas mengusung Ketum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menjadi capres di 2024.

“Itu hoaks, kalau PKB pasti ada arahan dari Gus Muhaimin. Sampai saat ini jajaran PKB solid mengusung Gus Muhaimin,” kata Jazilul, Minggu 7 November 2021.

Senada dengan PKB, PAN juga menyebut poster itu hoaks. Waketum PAN Viva Yoga mengatakan pihaknya tidak merasa terlibat.

“Itu hoaks 100 persen,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bappilu Demokrat Andi Arief mengatakan tak pernah mendengar rencana deklarasi tersebut. Ia pun menegaskan Partai Demokrat belum bicara pilpres.

“Wah baru tahu. Demokrat belum bicara pilpres. Masih konsolidasi,” kata Andi.

Kesimpulan

Jadi, itu poster palsu. Beberapa Wakil Ketua Umum dari partai yang tercantum dalam poster deklarasi tersebut telah membantah bahwa tidak ada deklarasi Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo sebagai Capres dan Cawapres 2024-2029.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya